Yamaha NMax

Mengenal Bangunan Masjid Al-Fattah yang Megah di Cisayong

  Jumat, 19 Mei 2017   Adi Ginanjar
Masjid Al-Fattah yang Megah di Cisayong

TASIK, AYOTASIK.COM--Berjarak beberapa meter dari Gapura selamat datang Kota Tasikmalaya, bercokol sebuah bangunan masjid megah dan indah bernama Masjid Al Fattah.

Masjid ini nampak mencolok karena berada tepat di sepanjang jalur utama Garut - Tasikmalaya. Sehingga, siapa pun yang melintas pasti akan melirik sejenak melihat keindahan masjid ini.

Di balik kemegahannya, ternyata tersimpan cerita yang menakjubkan saat proses pembangunanya. Bangunan masjid yang berdiri kokoh di lingkungan Pesantren Tarekat Al Idrisiyyah Cisayong ini dalam proses pembangunannya menjaring investasi abadi dari para jamaah.

Ada yang merelakan rumah, mobil, motor, perhiasan, dan semua hal yang dicintainya. Termasuk uang gaji bulanan yang diambil beberapa persen.

Kepala Divisi Publik Relation Pesantren Tarekat Al Idrisiyyah, Sandra Yusuf mengatakan pembangunan masjid Al-Fattah mengandalkan potensi keuangan ekonomi tarekat dan jamaah. Sehingga, di akhir pelaksanaan pembangunan tercatat 99% dana pembangunan berasal dari internal jamaah.

"Peletakan batu pertama masjid ini dilakukan pada tahun 2014 yang dihadiri ribuan jamaah termasuk Bupati dan Wali Kota Tasikmalaya," katanya, Jumat (19/5/2017).

Ia menuturkan konsep pembangunan masjid ini digagas dengan unsur serba tiga, yakni iman, ihsan, dan Islam. Konsep angka tiga dalam pembangunan juga menyentuh aspek desain masjid. Misalnya, ornamen bangunan masjid terinspirasi dari tiga masjid, yaitu Mesjid Al Aqsa untuk bagian kubahnya, Masjidil Haram untuk menaranya, dan interior serta eksteriornya meniru Masjid Nabawi.

"Meskipun begitu, unsur Sunda juga tetap ada dengan ukiran kayu jati bermotif Padjajaran khas Jawa Barat," ujarnya.

Ia menerangkan bangunan masjid didirikan ini di atas tanah seluas 33 x 33 meter  atau 1.089 meter persegi. Dengan luas sekitar 35.957 meter persegi. Jika ditotal, masjid ini menghabiskan anggaran sebesar Rp33 miliar.(Fajar Sukma)

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar