Yamaha NMax

Serapan Dana Belanja Semester I Kota Tasik Tak Penuhi Target

  Kamis, 12 Juli 2018   Hengky Sulaksono
Wali Kota Tasik, Budi Budiman. (Hengky Sulaksono/ayotasik)

BALEKOTA, AYOTASIK.COM--Tingkat serapan dana belanja daerah Kota Tasikmalaya pada semester I/2018 tidak memenuhi target. Serapan belanja langsung yang ditargetkan mencapai 50% periode Januari-Juni baru terserap sekitar 47%.

Wali Kota Tasik, Budi Budiman, mengaku tak puas dengan capaian serapan belanja langsung yang tak memenuhi target tersebut. Porsi jenis belanja langsung meliputi belanja barang, jasa, dan modal sebesar 53,62% dari total APBD atau setara Rp1,038 triliun.

"Belum puas kami. Saya berharap harus lebih dari 50%. Tapi terus berjalan. Kemarin mungkin ada hal-hal teknis yang mesti berjalan lebih bagus lagi," kata Budi kepada wartawan ditemui di Balekota Tasik, Kamis (12/7/2018) siang.

Serapan anggaran belanja tidak langsung selama semester I lebih kecil lagi ketimbang serapan anggaran belanja langsung. Serapan anggaran belanja tak langsung baru mencapai 24% hingga Juni. Porsi anggara belanja tidak langsung termasuk gaji pegawai, dana hibah, maupun bantuan sosial mencapai sekitar 46,38% dari total APBD atau Rp897,810 miliar.

"Kemarin mungkin terganggu karena bulan puasa, Lebaran, dan lain sebagaianya, tapi alhamdulillah berjalan lagi. Kami akan fokuskan di belanja langsung untuk semester II ini," kata Budi.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar