Yamaha NMax

Santri Tasik Dukung Jokowi di Pilpres 2019

  Selasa, 07 Agustus 2018   Hengky Sulaksono
Santri di Tasik Deklarasi Dukung Jokowi di Pilpres 2019. (Hengky/ayotasik)

TAMANSARI, AYOTASIK.COM -- Sekelompok santri yang menamakan diri Jaringan Santri untuk Jokowi Tasikmalaya mendeklarasikan dukungan kepada Joko Widodo yang direncanakan bakal kembali mencalonkan diri sebagai presiden dalam Pemilihan Presiden 2019 mendatang. Deklarasi dilakukan di Pondok Pesantren al Hikmah, Selasa (7/8/2018).

Pembina Jasa Jokowi Tasikmalaya, Aa Fuad Mukhlish mengatakan dukungan diberikan para santri terhadap Jokowi merupakan tindak lanjut dari pertimbangan yang diberikan para ulama di Tasikmalaya dalam menentukan sikap politik mereka menghadapi tahun 2019.

"Karena fakta dan data walaupun ditutup-tutupi, para kiayi dan ajengan di Tasikmalaya sudah tahu kalau Jokowi sering menjadi sasaran berita-berita tidak benar, hoaks. Kami ingin meluruskan hal itu," kata Fuad kepada wartawan selepas deklarasi.

Dia juga mengatakan jika para santri merasa memiliki kesamaan visi ideologi tertentu dengan Jokowi. Visi yang dimaksud ialah menjaga keutuhan negara Indonesia melalui pengamalan empat pilar kebangsaan.

"Secara ideologis sama-sama kita ingin melaksanakan ajaran Islam dalam bingkai NKRI. Tantangan yang ada harus dihadapi dengan empat pilar kebangsaan, Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Santri sebagai penerus kiai ulama harus memepertahankan NKRI," katanya.

Lebih jauh, Fuad mengatakan jaringan santri bakal terus bekerja memanfaatkan sisa waktu selama tujuh bulan menjelang Pilpres untuk mengonsolidasikan kekuatan di level akar rumput. Deklarasi-deklarasi dukungan terhadap Jokowi menurut dia bakal terus bermunculan.

"Kami Jaringan Santri untuk Jokowi menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi siapapun cawapres piluhannya. Kami bergerak sukarela dari akar rumput, jadi soal cawapres itu bukan urusan kami siapa cawapresnya. Yang penting kami mendukung Jokowi," kata dia.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar