Yamaha Mio S

Warga Salawu dan Puspahiang Rawan Bencana Pergerakan Tanah

  Kamis, 10 Januari 2019   Irpan Wahab Muslim
Ilustrasi. (pixabay.com)

SALAWU, AYOTASIK.COM--Kecamatan Salawu dan Puspahiang Kabupaten Tasikmalaya, merupakan wilayah yang tergolong rawan bencana pergesaran tanah. Hal itu berdasarkan data dari Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya bulan Januari 2019 ini. Kondisi tanah yang labil , berbukit serta seringnya tujun hujan dengan intensitas tinggi membuat warga sering dilanda kehawatiran terjadina pergerakan tanah.

Salah seorang warga Desa Sukarasa Kecamatan Salawu, Fahmi Sidik (33) menuturkan, masyarakat sering dihantui kehawatiran terjadinya bencana pergeseran tanah. Terlebih jika turun hujan setiap hari dengan intensitas tinggi. Fahmi yang juga merupakan relawan BPBD tingkat Desa sering mengingatkan kepada warga untuk waspada terjadi bencana.

“Saya sebagai relawan BPBD ditingkat Desa juga siaga jika hujan turun lebih dari 3 jam. Saya sering mengimbau warga untuk waspada. Apalagi di daerah kami pernah terjadi pergeseran tanah tahun 2014 lalu, “ kata Fahmi melalui sambungan telepon, Kamis (10/1/2019).

Hal yang sama dikatakan Saripudin (45), dia dan keluarga sering dihantui ketakutan terjadinya bencana longsor dan pergerakan tanah. terlebih jika terjadi hujan deras pada malam hari. Ia hanya bisa berdo’a agar tidak terjadi bencana yang menimpa deerahnya.

“Sering ketakutan, apalagi kalau hujannya itu malam hari. Saya masih trauma bencana tahun 2014 lalu. Rumah saya rusak dan retak akibat pergerakan tanah," ungkapnya.

Kehawatiran yang sama dirasakan Ibad Abdulrahman (30), warga Desa Luyubakti Kecamatan Puspahiang. Pemukimannya yang berada di perbukitan membuat ia dan warga hawatir terjadinya bencana longsor dan pergerakan tanah.

“Apalagi saat melihat longsor di Sukabumi, kan videonya viral di media social, jadi masyarakat juga meresa ketakutan. Tapi mau pindah juga masyarakat tidak ada biaya. Paling kita berdo’a agar bencana tidak terjadi,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (Darlog) BPBD Kabupaten Tasikmalaya Ria Supriatna mengimbau kepada warga di Kecamatan Salawu dan Puspahiang untuk waspada terjadinya pergeseran tanah. terlebih saat ini intensitas hujan sering mengguyur wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

"Tiap sore hari, wilayah Kabupaten Tasik sering diguyur hujan intensitas tinggi. Kami sudah mengimbau kepada masyarakat melalui relawan di tingkat desa. Kalau ada retakan tanah segera laporkan kepada kami dan segera tutupi dengan tanah atau pasir," tegasnya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar