Yamaha Mio S

Taman Tidak Terawat, Jadi Tempat Gembala Ternak

  Jumat, 11 Januari 2019   Irpan Wahab Muslim
Taman Lansia di Komplek Setda Kabupaten Tasikmalaya Jalan Bojongkoneng Kecamatan Singaparna. (Irpan Wahab/ayotasik)

SINGAPARNA, AYOBANDUNG.COM--Taman Lansia yang berada di Komplek Setda Kabupaten Tasikmalaya Jalan Bojongkoneng Kecamatan Singaparna kondisinya memperihantinkan. Selain dipenuhi sampah dan dipenuhi rerumputan cukup tinggi, taman lansia juga dipakai untuk menggembala hewan ternak. Alhasil, fungsi taman Lansia berubah dari niat pembangunan awal.

Kondisi ini dikeluhkan oleh Abdul Hakim (40) warga Kecamatan Singaparna. Ia yang berniat berolahraga harus mengurungkan niatnya karena area refleksi kaki yang ada di dalam taman lansia dipenuhi sampah dan kotoran hewan.

"Tadinya saya ingin refleksi kaki disini, karena kan ada fasilitasnya tapi itu banyak kotoran hewan jadi saya milih pulang lagi," kata Abdul Hakim, Jumat (11/1/2019) siang.

Dengan kondisi tersebut, kata Abdul Hakim, ia mempertanyakan niat awal pembuatan taman lansia. Mengingat memang kondisinya terkesan tidak terawat dan akhirnya tidak bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

"Jadi kesaNnya mubazir, sayang taman yang dibangun dengan uang banyak jadi tidak bisa dinikmati oleh masyarakat," tambah Abdul Hakim.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Tasikmalaya Bambang Alamsyah menuturkan, pihaknya mengakui jika taman lansia dan taman yang ada di komplek Setda kurang terawat. 

"Kita tidak pungkiri, karena memang kebersihan taman itu menjadi kewenangan kita. Tetapi kita juga kekurangan petugas kebersihan taman,“ papar Bambang melalui sambungan telepon, Jumat (11/1/2019).

Saat ini, kata Bambang, Petugas kebersihan hanya ada 20 orang. Jumlah itu harus mencover seluruh taman yang ada di Kabupaten Tasikmalaya, seperti Taman alun-alun Singaparna dan taman yang ada di komplek perkantoran.

“Kalau dilihat memang sangat minim, belum lagi kurangnya fasilitas penunjang pekerjaan. Jadi kami harapkan kepada semua pihak untuk menjaga kebersihan lingkungan taman,“ ungkap Bambang.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar