Yamaha Mio S

Satpol PP Wanita Razia Lelaki yang Absen Salat Jumat

  Jumat, 11 Januari 2019   Irpan Wahab Muslim
Anggota wanita Satpol PP Kabupaten Tasikmalaya saat melakukan patroli di kawasan Alun-alun dan Terminal Singaparna. (Irpan Wahab/ayotasik)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM--Belasan anggota wanita Satpol PP Kabupaten Tasikmalaya melakukan patroli di kawasan Alun-alun dan Terminal Singaparna sesaat sebelum adzan duhur berkumandang. Hal itu dilakukan  untuk mengiring kaum lelaki untuk segera pergi ke mesjid dan menjalankan salat jumat, Jumat (11/1/2019) siang.

Kegiatan dilakukan karena banyaknya laporan terkait masih adanya kaum lelaki yang justru berkeliaran di jalanan, alun-alun dan terminal Singaparna, padahal waktu memasuki saalat Jumat. Aktivitas itu bertolak belakang dengan visi misi Kabupaten Tasikmalaya yang religius islami.

Kegiatan itu dibagi menjadi dua tim. Satu tim dengan mempergunakan mobil patroli berkeliling sambil mengumumkan seruan melalui pengeras suara. Sementara satu tim lainnya  menyebar dengan berjalan kaki. Mereka menyisir beberapa tempat seperti alun-alun, pinggiran pasar, terminal, pasar baru dan wilayah kudang.

Sebagian besar kaum lelaki yang mencoba untuk mengumpet atau berleha-leha umumnya malu ketika ditegur anggota Satpol PP wanita. Hingga akhirnya mereka pun berangkat ke mesjid untuk menjalankan shalat jumat.

"Oleh itulah, Satpol PP diperintahkan untuk mengoptimalkan peran anggota wanita yang ada agar menggiring mereka yang berkeliaran segera memasuki mesjid," kata Kasatpol PP Kabupaten Tasikmalaya Imam Ghojali, melalui sambungan telepon.

Upaya ini merupakan perintah Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto yang prihatin melihat warganya tidak menghormati waktu shalat Jumat. Meski dengan jumlah personil anggota wanita Satpol PP yang terbatas, akan tetapi pihaknya mengoptimalkan anggota yang ada. 

"Tahun 2019 harus ada kendaraan khusus bagi anggota Satpol PP wanita dalam menjalankan tugas ini. Sehingga bisa lebih optimal," tegas Imam Ghozali.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar