Yamaha Mio S

Mentan Sebar Ayam Kampung Petelur Unggul Untuk 11 Ribu RTM

  Jumat, 11 Januari 2019   Irpan Wahab Muslim
Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman. (Irpan Wahab Muslim).

SUKAHENING, AYOTASIK.COM--Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman menyerahkan bantuan hampir 600 ekor ayam kampung petelur unggul. Bantuan yang merupakan bagian dari Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) diberikan kepada 11 ribu lebih Rumah Tangga Miskin (RTM) di Desa Kiara Kiarajangkung, Kecamatan Sukahening, Kabupaten Tasikmalaya Jumat (11/1/2019) siang.

"Kita semua berharap dengan bantuan ini cita-cita Desa Mandiri Bibit Ayam Kampung Unggul dapat terwujud," ujar Amran dihadapan ribuan orang yang menyaksikan penyerahan bantuan. Termasuk RTM penerima bantuan, penyuluh tingkat kabupaten, serta santri dari sekitaran Tasikmalaya. 

Setiap RTM, menerima 50 ekor ayam yang dilengkapi dengan kandang sederhana, pakan untuk pemeliharaan selama 6 bulan, pelayanan vaksin dan obat hewan, serta pendampingan secara intensif baik berupa bimbingan teknis (Bimtek) dan Pelatihan Training of Trainer (ToT).

Kepastian usaha pengembangan ayam kampung unggul di perdesaan dapat terwujud, Menteri Amran juga menyerahkan bantuan berupa mesin tetas sejumlah 96 unit kepada 48 Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang ada di Kabupaten Tasikmalaya.

"Dengan semangat dan optimisme para peternak, pengembangan ayam kampung unggul yang berkelanjutan akan menambah pendapatan," tambah Amran.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Tasikmalaya Roni Ahmad Syahroni menuturkan, sasaran Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA) meliputi 48 Desa di 5 kecamatan yakni Sukahening, Cikatomas, Salopa, Jatiwaras dan Sodonghilir. 

"Di Kabupaten Tasikmalaya sendiri ada 11.802 rumah tangga sasaran yang mendapatkan bantuan ini, mudah mudahan bisa dijalankan dengan baik sehingga mampu meningkatkan tarag hidup masyarakat," kata Roni.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar