Yamaha NMax

Komisi IV Kritisi Objek Wisata Galunggung

  Kamis, 17 Januari 2019   Irpan Wahab Muslim
Komisi IV DPRD Kabupaten Tasikmalaya melakukan monitoring dan evaluasi ke Kawasan Wisata Galungung, Kamis (17/1/2019). (Irpan Wahab/ayotasik).

SUKARATU, AYOTASIK.COM--Komisi IV DPRD Kabupaten Tasikmalaya melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) di objek wisata Galunggung yang berada di Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (17/1/2019) siang. Di lokasi objek wisata Galunggung, Komisi IV menemukan beberapa permasalahan.

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Ami Fahmi menuturkan monev meliputi fasilitas serta pelayanan objek wisata Galunggung.

Dari hasil monev tersebut, pihaknya menemukan adanya kekurangan. Yakni kolam pemandian yang kondisnya harus segera diperbaiki. 

"Objek wisata Galunggung ini kan andalannya air panas, nah kolam pemandiannya itu kita fikir harus direnovasi. Hari ini kita melihat bahwa tampilan kolam pemandian ini kurang enak dipandang. Terutama bagian lantai kolam," kata Ami.

Selain kolam pemandian, pihaknya juga melihat kurangnya bak penampungan air. Dimana kondisi bak penampungan air berukuran terlalu kecil. Akibatnya, saat kolam pemandian dibersihkan, untuk mengisi kolam dibutuhkan waktu setidaknya satu hari untuk pengjsian.

"Disini juga membutuhkan bak penampungan air yang sangat besar. Kolam pemandian itu kan dibersihkan satu minggu dua kali. Nah dengan kolam yang saat ini berkuran kecil, mengisi kolam bisa sampai satu hari. Ini dapat menggangu kenyamanan pengunjung," tambah Ami.

Selain itu, kekurangan lainnya yakni dari segi kebersihan. Dimana masih kurangnya tempat sampah. Banyak ditemukan sampah sampah berserakan di beberapa titik.

"Harusnya ada tong sampah yang portable. Yang ada sekarang masih tong sampah konvensional begitu, saya rasa kurang efektif, " ujarnya.

Mengenai pelayanan, lanjut Ami, sejauh ini dirasakan cukup baik. Dimana tiket masuk dengan fasilitas yang disediakan cukup seimbang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Asep Saeful Bahri yang hadir dalam kegiatan Monev mengatakan, pihaknya akan melakukan evaluasi dan pembahasan lanjutan di internal menyikapi usulan usulan yang dilontarkan oleh Komisi IV.

"Kami sebelumnya sudah berupaya, bagaimana penataan objek wisata galunggung ini. Tetapi memang kami masih terbatas. Atas usulan dan masukan komisi IV tadi kami sangat menyambut baik dan akan kami musyawarahkan di internal dinas," tandas Asep. 

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar