Yamaha Aerox

Kabupaten Tasik Minim Traffic Light

  Selasa, 05 Februari 2019   Irpan Wahab Muslim
Salah satu perempatan tanpa traffic light di Kabupaten Tasikmalaya. (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM--Kabupaten Tasikmalaya mempunyai luas 2.713 Km persegi dengan jumlah penduduk kurang lebih 1,736 Juta jiwa. Kabupaten Tasikmalaya yang berbatasan dengan Kota Tasikmalaya ini mempunyai keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan Kota atau Kabupaten lainnya di Jawa Barat.

Keunikan itu, di antaranya tidak ada traffic light atau orang biasa menyebut lampu merah. Padahal, traffic light umum ditemui di seluruh wilayah Kota dan Kabupaten lain untuk mengatur lalu lintas di pertigaan atau perempatan jalan. 

AYO BACA : Kabupaten Tasikmalaya Daerah Tanpa Traffic Light

Hal itu diakui Kasatlantas Polres Tasikmalaya AKP Haryono. Dia menganggap, Kabupaten Tasikmalaya merupakan wilayah tanpa trafic light. Hal ini dianggap biasa oleh Haryono, mengingat volume kendaraan belum terlalu banyak.

"Saya fikir mungkin ya, satu satunya di Jawa Barat yang tidak ada traffic light. Karena memang belum dibutuhkan. Meskipun dibeberapa titik sering terjadi kepadatan lalu lintas," kata Haryono, Selasa (5/2/2019).

AYO BACA : Polres Tasik Ajak Kaum Millenial Tertib Berlalu Lintas

Diakui Haryono, di beberapa titik pada jam tertentu sering terjadi kepadatan kendaraan, terutama pada pagi dan sore hari. Hal itu lantaran padatnya aktivitas warga yang bersekolah, bekerja dan berbelanja kebutuhan sehari hari.

"Contoh nih di perempatan Cipasung saja, pernah diberlakukan traffic light, tapi yang ada malah menyebabkan kamacetan sangat panjang. Tidak efektif makanya kita dan dishub kembali menonaktifkan traffic light itu," kata Haryono.

Di daerah lainnya pun tidak jauh berbeda lanjut Haryono, di wilayah Utara dan Selatan Kabupaten Tasikmalaya saat ini belum terlalu dibutuhkan traffic light. Mengingat, kepadatan kendaraan belum terlalu banyak.

"Kita pernah berkordinasi dengan Dishub karena kewenangan berada di mereka. Dan hasilnya dishub juga belum memasang traffic light karena tadi, volume kendaraan masih sedikit. Antisipasi kepadatan ya kita terjunkan personil," pungkas Haryono.

AYO BACA : Minim Rambu Lalu Lintas, Singaparna Langganan Macet

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar