Yamaha Mio S

Bawaslu Kabupaten Tasik Buka Rekrutmen Pengawas TPS

  Kamis, 07 Februari 2019   Irpan Wahab Muslim
Kantor Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya. (Irpan Wahab Muslim/ayotasik.com)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tasikmalaya akan melakukan rekrutmen pengawas tempat pemungutan suara (TPS), guna menyukseskan pemilihan umum (pemilu) pada 17 April mendatang. Setiap TPS nantinya akan diawasi oleh satu orang pengawas.

Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, Dodi Djuanda, mengatakan jumlah pengawas yang akan direkrut sebanyak 5.196 orang. Masa kerja pengawas TPS ini 23 hari sebelum pencoblosan.

"Nanti rekrutmen tingkat Kecamatan dimulai tanggal 10 Februari dan akan dilantik pada akhir bulan ini," kata Dodi yang ditemui di kantornya, Kamis (7/2/2019).

Ada beberapa kriteria khusus bagi masyarakat yang ingin mendaftar sebagai pengawas TPS. Dari segi usia, minimal berusia 25 tahun, pendidikan minimal SMA, dan tidak ada ikatan perkawinan dengan penyelenggara pemilu.

"Paling penting itu tidak berafilisiasi dengan partai politik dan para caleg. Sosialisasi sudah dilakukan kepada seluruh desa," tambah Dodi.

Namun jika kedepan diketahui ada pengawas TPS yang mempunyai hubungan dengan peserta pemilu, kata Dodi, pihaknya akan melakukan diskualifikasi atau pencoretan. Kebijakan ini digalakkan agar pengawasan dapat berjalan dengan baik.

"Ya kalau nanti ada misalkan, kita akan coret. Kita tidak ingin melakukan kesalahan atau blunder," kata Dodi.

Selain mengawasi pada saat pencoblosan di TPS, pengawas juga bertugas untuk mengawasi masa kampanye, masa tenang, retribusi logistik, dan retribusi hasil pencoblosan. Hal ini dilakukan agar pelaksaan pemilu berjalan sesuai dengan yang harapkan yakni berjalan lancar.  
 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar