Yamaha Mio S

Relawan Demokrasi Diharapkan Genjot Partisipasi Pemilih

  Sabtu, 09 Februari 2019   Irpan Wahab Muslim

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM - Sebanyak 55 relawan demokrasi yang sudah dilantik oleh KPU Kabupaten Tasikmalaya diharapkan mampu meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu April 2019 mendatang. 55 relawan demokrasi ini akan menggarap beberapa segmentasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya menyalurkan hak pilih pada pesta lima tahunan.

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya Zamzam Zamaludin menuturkan segmentasi yang menjadi garapan relawan demokrasi yakni pemilih pemula, keluarga, pemilih muda, pemilih perempuan, penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, pemilih marginal, pemilih komunitas, keagamaan dan pemilih warga internet (Netizen).

"Nantinya setiap relawan demokrasi punya tugas garapan masing masing. Agar fokus dalam upaya peningkatan partisipasi masyarakat," kata Zamzam melalui sambungan telepon, Sabtu (9/2/2019).

Dengan dibantu relawan demokrasi, lanjut Zamzam, pihaknya optimis tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilu bulan April nanti akan diatas 75 persen, sesuai dengan target yang ditetapkan KPU. 

"Tugasnya menyadarkan masyarakat untuk berperan aktif datang ke TPS dan menyalurkan hak pilih mereka. Sehingga tingkat partisipasi meningkat. Syukur-syukur bisa diangka 80 persen," kata Zamzam.

Sementara itu, dihubungi terpisah, Farhan Kamil salah seorang relawan demokrasi menuturkan, ia dan relawan demokrasi lainnya akan bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi. Meski diakui tidak mudah dalam menyadarkan masyarakat menyalurkan hak pilihnya, namun ia yakin dengan bekerja maksimal hal itu akan tercapai.

"Saya kebetulan menggarap segmen pemilih marginal, dimana tugasnya cukup berat. Tetapi kita akan upaya maksimal agar bisa mengdongkrak tingkat partisipasi," pungkas Farhan.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar