Yamaha Mio S

Sungai Cicondong, Destinasi Baru Wisata Alam di Kabupaten Tasik

  Senin, 11 Februari 2019   Irpan Wahab Muslim
Pengunjung menikmati air di Sungai Cicondong, Kabupaten Tasik. (Irpan Wahab/ayotasik)

SALOPA, AYOTASIK. COM -- Bagi para pecinta keindahan alam, tidak salahnya mencoba destinasi baru di Desa Tanjungsari Kecamatan Salopa Kabupaten Tasikmalaya. Di Kecamatan yang berada di wilayah Selatan Kabupaten Tasikmalaya ini terdapat aliran sungai yang jernih dan sejuk yakni sungai Cicondong.

Sungai Cicondong ini berada tepatnya di kampung Datarkadu Desa Tanjungsari. Dari kampung tersebut, dibutuhkan waktu sekitar 15 menit menyusuri area persawahan dan pemukiman atau lebih kurang 1 Km.  

Sesampainya di lokasi, pecinta keindahan alam akan disuguhkan pada suasana sejuk khas pedesaan. Dengan banyaknya pepohonan di sekitar sungai, membuat suasana menjadi lebih asri. Di aliran Sungai cicondong ini, pengunjung bisa menikmati aliran sungai yang asri, bersih dan jernih.

"Saya memang hobi petualangan, dan memang sungai cicondong suasanya asri karena airnya jernih jauh dari polusi. Jujur saya mendapatkan ketenangan saat berwisata disitu," kata salah satu pengunjung Sena Astriana, Senin (11/2/2019).

Untuk menikmati keindahan alam dan kesejukan sungai Cicondong itu, kata Sena, masyarakat tidak dipungut biasa sedikitpun alias gratis. Di lokasi itu, pengunjung juga bisa menikmati nasi liwet yang dipesen dari masyarakat sekitar. 

"Kita bisa juga memesan nasi liwet dari masyarakat. Jadi sesuai kita berenang, kita bisa makan nasi liwet. Kalau untuk warung kecil memang tidak disediakan karena belum dimanfaatkan oleh masyarakat," kata Sena.

Sena menyarankan, banyaknya destinasi wisata alam di Kabupaten Tasikmalaya harus dimanfaatkan oleh pemerintah. Agar keberadaan wisata alam itu bisa menjadi faktor penunjang peningkatan perekonomian masyarakat.

"Saya yakin, kalau dikelola dengan baik. Destinasu wisata sungai Cicondong dan destinasi wisata lainnya akan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat," pungkas Sena.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar