Yamaha NMax

Karang Taruna Terus Kenalkan Kopi Khas Cigalontang

  Sabtu, 09 Maret 2019   Irpan Wahab Muslim
Salah satu petani menunjukan tanaman kopi soka balendrang khas Cigalontang. (Irpan Wahab Muslim/ayotasik.com)

CIGALONTANG, AYOTASIK.COM -- Karang Taruna Desa Cigalontang, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, terus berupaya memperkenalkan kopi Soka Balendrang jenis robusna kepada masyarakat luas. Kopi soka balendrang merupakan kopi khas Kecamatan Cigalontang.

Ketua Karang Taruna Desa Cigalontang, Rizki, menuturkan pihaknya terus meminta dan mensosialisasikan penanaman kopi soka balendrang kepada petani. Hal ini dilakukan agar kopi khas Cigalontang tersebut bisa dikenal masyarakat dan tidak hilang di tengah berbagai jenis kopi lainnya.

"Selain meminta petani menanam kopi itu, kita juga membelinya dari petani. Jadi petani bergairah menanam kopi soka balendrang," papar Rizki kepada wartawan, Sabtu (9/3/2019).

Selain itu, lanjut Rizki, pengolahan kopi Soka Balendrang juga dilakukan oleh sejumlah anggota karang taruna, mulai dari proses sangkrai atau mengeringkan biji kopi, penumbukan, pengemasan, hingga pemasaran.

Semua proses pengolahan kopi itu, bahkan dilakukan secara manual. Seperti proses pengeringan kopi yang menggunakan katel dan dibakar api tungku kayu. "Jadi aroma kopinya itu tetap terjaga, kita lakukan prosesnya secara manual. Kita tidak ingin kualitas kopi khas ini hilang, " papar Rizki. 

Dari segi pemasaran, kata Rizki, pihaknya lebih mengadalkan jejaring perkenalan pertemanan dan media sosial. Artinya, kopi khas Cigalontang diperkenalkan kepada teman-teman sepermainan yang merupakan penikmat kopi.

"Kalau pemesanan di media sosial kurang ya, karena harganya memang lmayan mahal. Tapi kualitas dan rasa kita bisa bersaing dengan kopi khas lain, " ujar Rizki. 

Kopi Soka Balendrang  dijual dengan harga Rp150.000 per 100 gram. Rizki mengakui harga tersebut cukup mahal, tetapi sebanding dengan rasa yang dihasilkan. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar