Yamaha NMax

Kesenjangan Harapan dan Kenyaatan Bisa Picu Defresi di Caleg

  Rabu, 13 Maret 2019   Irpan Wahab Muslim
Spesialis Kedokteran Jiwa RSUD Singaparna Medika Citrautama (SMC) Kabupaten Tasikmalaya dr. Nia Nuraeni (Berjilbab) didampingi Dirut RSUD SMC dr. Heru Suharto (tengah) dan Kabid TU Mulyana (Kanan) saat ditemui di RSUD SMC. (Irpan Wahab/Ayotasik)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM—Spesialis Kedokteran Jiwa RSUD Singaparna Medika Citrautama (SMC) Kabupaten Tasikmalaya dr. Nia Nuraeni mengatakan, meskipun banyak faktor penyebab seseorang mengalami gangguan kejiwaan, namun pada kasus kemungkinan Caleg terkena depresi atau stres diakibatkan kesenjangan harapan dan kenyataan. 

Hal itu terjadi pada seseorang yang tidak adaktif terhadap perubahaan yang ada pada kehidupannya. Nia mencontohkan, sebelum mendaftarkan diri sebagai Caleg, seseorang mempunyai kehidupan yang mapan. Namun setelah ikut nyaleg, harta bendanya habis dipakai membiayai nyaleg. Hal itu bisa mendorong seseorang terkena gangguan kejiwaan. 

"Pada Pemilu ini, stresnya bermacam-macam dan tidak dipungkiri banyak yang berat menyangkut finansial atau keuangaan, kemungkinan perubahan kehidupan, ekonomi terpuruk itu juga bisa menjadi faktor gangguan kejiwaan," papar Nia, Rabu (13/3/2019).

Namun, untuk menghindari gangguan kejiwaan bagi para Caleg, lanjut Nia, bisa dilakukan dengan memperkuat mekanisme pertahanan jiwa sehingga lebih adaktif terhadap perubahan. 

"Di Caleg itu harus mempersiapkan diri untuk menerima kenyataan pahit itu. Dan itu harus bisa dimulai dari sekarang. Paling pentingnya ditanamkan sikap siap menang harus siap kalah," papar Nia. 

Selain itu, kepekaan keluarga dalam mengantisipasi gangguan kejiwaan terutama bagi para caleg penting dimunculkan. Jika di saat caleg tersebut kalah dalam pertarungan Pileg dan muncul sikap tidak biasa, maka pihak keluarga harus segera mengambil langkah cepat. 

"Keluarga itu paling utama yang harus bisa mengantisipasi. Lakukan langkah konsultasi ke dokter misalkan kalau terjadi perubahan sikap dari keluarganya yang nyaleg, " pungkas Nia. 

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar