Yamaha NMax

Kerusakan Surat Suara di Kabupaten Tasikmalaya Capai 1.545 lembar

  Kamis, 14 Maret 2019   Irpan Wahab Muslim
Salah satu petugas Ppk memperlihatkan contoh kerusakan surat suara Pilpres. (Irpan Wahab/ayotasik)

SINGAPARNA, AYOTASIK. COM -- Setelah hampir satu bulan melakukan sortir dan pelipatan surat suara pemilu 17 April 2019 mendatang, KPU Kabupaten Tasikmalaya menemukan 1.549 lembar surat suara rusak. Kerusakan surat suara itu, meliputi surat suara DPR RI, DPD, DPRD Provinsi Jawa Barat dan DPRD Kabupaten Tasikmalaya. 

Sementara untuk Surat Suara Pilpres, ada sedikitnya 109 lembar surat suara yang rusak. Penyortiran baru dilakukan dalam satu pekan. Kerusakan diantaranya surat suara sobek, terkena tinta, tercetak bagian depan dan belakang.

"Ada cetakan tembus dari bagian depan ke belakang. Sehingga itu kita kategorikan rusak." kata Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya Zamzam Jamaludin, Kamis (14/3/2019).

Penyortiran dan pelipatan surat suara, lanjut Zamzam, akan berakhir pada 25 Maret mendatang. Setelah itu, KPU baru bisa merekap seluruh kerusakan surat suara untuk dillaporkan kepada KPU RI. 

"Dalam berita acara nantinya, kita akan meminta penggantian surat suara rusak. sehingga kebutuhan untuk 17 April bisa terpenuhi, " papar Zamzam. 

Ia optimis, dengan mengerahkan seluruh petugas dari PPK dan PPS, penyotiran dan pelipatan suara akan selesai pada tanggal 25 Maret sesuai waktu yang ditentukan. 

 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar