Yamaha NMax

12 APK Langgar Aturan Ditertibkan

  Kamis, 14 Maret 2019   Irpan Wahab Muslim
Alat Peraga Kampanye (APK) jenis papan reklame yang dipasang di sejumlah titik di Kota Tasik. (Irpan Wahab/ayotasik)

INDIHIANG, AYOTASIK. COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tasikmalaya menertibkan sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) jenis papan reklame yang dipasang disejumlah titik di antaranya Jl. RE. Martadinata, Simpang lima, Tarumanegara, Ahmad yani, Khoer Affandi, KH. Zaenal musthafa, Pasar Wetan dan Rancabango. 

Koordiv Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kota Tasikmalaya, Enceng Fuad Syukron mengatakan, penertiban APK berjenis papan reklame itu didasari pada Surat Edaran Bawaslu Nomor 1990 poin 7 tentang larangan memasang APK di lokasi atau titik yang dikenakan tarif atau retribusi, Kecuali difasilitasi oleh KPU. 

"Papan reklame itu kan ada retribusi masuk ke Pemerintah daerah. Itu melanggar aturan surat edaran Bawaslu, " kata Enceng, Kamis (14/3/2019).

Sejauh ini, lanjut Enceng, KPU Kota Tasikmalaya belum memfasilitasi pemasangan APK yang mengandung atau mempunyai kewajiban retribusi. Hasil dari penertiban ini, sedikitnya 12 APK berjenis papan reklame ditertibkan.

"Setelah kita lakukan penertiban ada setidaknya 12 APk yang kita amankan. Sebelumnya kami inventarisir terlebih dahulu sebelum dilakukan penertiban," kata Enceng. 

Adapun APK berjenis papan reklame yang ditertibkan bukan hanya APK Calon anggota legislatif, namun APK Capres Cawapres pun tidak luput dari sasaran penertiban.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar