A PHP Error was encountered

    Severity: Notice

    Message: Undefined variable: recent

    Filename: metamorph/header-mainmenu.php

    Line Number: 241

    A PHP Error was encountered

    Severity: Warning

    Message: Invalid argument supplied for foreach()

    Filename: metamorph/header-mainmenu.php

    Line Number: 241

  
Yamaha NMax

Pembangunan Jalan Lingkar Utara di Kab Tasik Dimulai

  Kamis, 14 Maret 2019   Irpan Wahab Muslim
Ilustrasi. (Pixabay)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM—Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tasikmalaya sudah menyiapkan anggaran Rp4 miliar untuk pembebasan lahan sebagai tanda dimulainya pembangunan jalan lingkar utara. 

Lahan yang akan dibebaskan pada tahap awal seluas 400 meter persegi di Desa Cilampung Hilir, Kecamatan Padakembang. Lokasinya bahkan berdekatan dengan lahan untuk pembangunan pasar dan terminal Singaparna. 

"Sudah disiapkan anggaran yang bersumber dari APBD tahun 2019 ini. Pembabasan itu langkah awal pembangunan lingkar utara, " papar Sekretaris Dinas PUPR Mamik M Fuadi kepada wartawan, Kamis (14/3/2019).

Pembebasan lahan akan secara bertahap dilakukan sepanjang 12 km dengan lebar 24 meter yang berada di Desa Cikunir, Singaparna, Padakembang, Leuwisari, Cigalontang, dan Desa Sukasukur, Kecamatan Mangunreja. 

Kebutuhan anggaran untuk pembebasan lahan, lanjut Mamik, diperkirakan sebanyak Rp176 miliar. Sementara itu, total pembangunan jalan lingkar utara dengan dua lajur kendaraan memakan biaya Rp400 hingga Rp500 miliar. 

"Kita sudah siapkan detail engneering detail atau DED-nya dan Feasibility studinya sejak empat tahun lalu. Bahkan sudah ada untuk amdalnya," papar Mamik. 

Jalan lingkar utara dibangun, kata Mamik, untuk memecah kemacetan di pusat Ibu Kota Kabupaten Tasikmalaya. Ditargetkan, jalan lingkar utara akan selesai 2021 mendatang. 

"Dengan catatan setiap tahun ada penganggaran dari APBD atau bantuan dari Provinsi maupun pusat," pungkas Mamik.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar