A PHP Error was encountered

    Severity: Notice

    Message: Undefined variable: recent

    Filename: metamorph/header-mainmenu.php

    Line Number: 241

    A PHP Error was encountered

    Severity: Warning

    Message: Invalid argument supplied for foreach()

    Filename: metamorph/header-mainmenu.php

    Line Number: 241

  
Yamaha NMax

Kelom Kasep, Fesyen Baru Karya Warga Tasik

  Jumat, 22 Maret 2019   Irpan Wahab Muslim
Kelom Kasep. (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)

TAMANSARI, AYOTASIK.COM--Tasikmalaya sejak dulu dikenal sebagai wilayah penghasil kerajinan tangan yang dipasarkan ke berbagai daerah bahkan mancanegara. Salah satu hasil kerajinan itu yakni kelom geulis. Belakangan, tangan kreatif masyarakat Tasikmalaya memunculkan pelengkap fashion baru yakni kelom kasep.

Salah satu pengrajin yang memperoduksi kelom kasep ini yakni Nunuy Nuraeni warga Gobras Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya. Melihat persaingan pasar yang ketat, Nunuy mencoba dan memberanikan diri memproduksi kelom kasep pada tahun 2012 lalu.

AYO BACA : Dua Tahun Terakhir, Omzet Kelom Geulis Tasik Anjlok 50%

“Sering kali menanyakan menjual kelom kasep, dari situ muncul ide untuk mencoba membuat,” papar Nunuy, Jumat (22/3/2019).

Pembuatan kelom kasep tidak berbeda dengan kelom geulis,  menyatukan dua budaya yakni alas kaki khas Jepang dan alas kaki pernikahan adat sunda. Bahan alas kaki terbuat dari kayu mirip bakiak yang selalu dipakai orang Jepang berbentuk segi empat. Sementara ciri khas sunda terdapat pada jepitan kaki dari kayu.

AYO BACA : Menelisik Industri Kerajinan Tas Asal Tasik, Brillante

Hanya saja, kelom geulis diberi beberapa sentuhan ukiran bermotif bunga di bagian alas kelom, Sementara untuk kelom kasep dibiarkan polos.

“Jadi kita sedikit mofikasi dari alas kaki khas Jepang dan Sunda. Bentuknya sangat sederhana,” kata Nunuy

Meski belum selaku kelom geulis, kelom kasep dipasaran mendapatkan respon baik dari masyarakat. Pesanan banyak datang dari daerah Tasikmalaya, Bandung, Surabaya dan Jakarta. Bahkan, pernah datang peermintaan dari Jepang. Harga kelom kasep ini pun dipatok senilai Rp70.000 hingga Rp100.000 per pasang.

“kami juga terus mencari inovasi lain untuk kelom kasep ini, dengan mendengar masukan dari para konsumen,” pungkas Nunuy.

AYO BACA : Sweet Seventeen, Wali Kota Harapkan Tasik Lebih Kreatif

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar