Yamaha Aerox

Desa Cisayong Berani Alokasikan Dana Desa Bangun Stadion Sakti Lodaya

  Rabu, 10 April 2019   Irpan Wahab Muslim
Stadion Sakti Lodaya. (Irpan Wahab/Ayotasik.com)

CISAYONG, AYOTASIK.COM—Terobosan diambil Pemerintah Desa Cisayong, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, dalam penggunaan Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN. Jika pemerintah desa lain mengalokasikan dana desa untuk pembangunan infrastruktur jalan dan irigasi, namun Pemdes Cisayong justru mengucurkan dana desa untuk merevitalisasi lapangan sepak bola.

Merevitalisasi lapangan sepak bola Sakti Lodaya ini bertujuan menghidupkan kembali lapangan tersebut yang memang dimiliki desa agar bisa memberikan Pendapatan Asli Desa. Revitalisasi lapangan sepak bola itu bahkan menelan anggaran Rp1,3 miliar pada DD tahun 2017 lalu. 

Keberanian merevitalisasi lapangan sepak bola dengan anggaran besar itu tidak sia-sia. Lapangan sepak bola itu memiliki standar  Federation Of International Football Association (FIFA). Bahkan, dengan kualitas yang bagus itu, Lapangan Sakti Lodaya sempat viral di media sosial.

Kepala Desa Cisayong Yudi Cahyudin mengatakan, maksud awal melakukan revitalisasi yakni didorong keinginan membina generasi muda agar tidak terjebak kepada hal negatif. 

"Selain itu, juga kita ingin ada ikon yang bisa dibanggakan. Alhamdulilah dalam penataan ulang itu didukung semua pihak termasuk BPD dan seluruh lapisan masyatakat," kata Yudi, Rabu (10/4/2019).

Revitalisasi lapangan sepak bola itu juga sebagai bentuk penerapan Peraturan Kementerian Desa Nomor 19 Tahun 2017 tentang Prioritas Dana Desa.

Dalam aturan itu, ada empat prioritas untuk penggunaan dana desa, yakni dana desa bisa  digunakan untuk realisasi pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), penyertaan modal BUMDes, bisa digunakan untuk produk unggulan desa (Prudes), dan produk unggulan kawasan perdesaan (Prukades) dan untuk sarana olah raga desa.

Saat perencanaan, lanjut Yudi, revitalisasi lapangan sepak bola awalnya mendapatkan penolakan dari masyarakat. Mereka beralasan, dana desa sebaiknya dipergunakan untuk infratruktur seperti jalan dan irigasi.

"Kami jelaskan pelan pelan kepada masyarakat bahwa penataan ulang lapangan sepak bola itu juga bagian dari infratsuktur, " papar Yudi.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar