A PHP Error was encountered

    Severity: Notice

    Message: Undefined variable: recent

    Filename: metamorph/header-mainmenu.php

    Line Number: 242

    A PHP Error was encountered

    Severity: Warning

    Message: Invalid argument supplied for foreach()

    Filename: metamorph/header-mainmenu.php

    Line Number: 242

  
Yamaha Aerox

Potensi Zakat ASN Bisa Biaya Program Pengentasan Kemiskinan

  Rabu, 22 Mei 2019   Irpan Wahab Muslim
Ilustrasi. (pixabay.com)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya terus berupaya mencari jalan keluar dalam pembiayaan pembangunan dan program pemerintah. Salah satunya dengan memanfaatkan zakat, infak, dan sedekah dari para ASN yang potensinya mencapai Rp12 miliar/tahun. 

Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto mengatakan, pemerintah akan bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dalam pengelolaan zakat, infak, dan sedekah dari Para ASN. Termasuk dalam penyalurannya yang akan dititik beratkan pada pengentasan kemiskinan dan penanggulangi siswa putus sekolah.

"Kita punya keuntungan, Kabupaten Tasikmalaya mayoritas ASN nya muslim dan kita sudah terbitkan Perbup tentang zakat, infak, dan sedekah. Dalam Perbup tersebut, ASN diwajibkan menyetorkan zakat, infak, dan sedekah ke Baznas, " papar Ade kepada wartawan di Masjid Agung Baitulrahman Kecamatan Singapara, Rabu (22/5/2019).

Setelah zakat, infak, dan sedekah terkumpul, maka nantinya melangkah pada pemanfaatannya yakni khusus pada program pengentasan kemiskinan di Kabupaten Tasikmalaya.

"Teknisya kami nanti memberikan progeam program pengentasa kemiskinan kami, Baznas yang melaksakanan atau nanti kita bekerjasama, " papar Ade.

Ditambahkan Ade, pemanfaatan dana umat berupa zakat infak dan sodakoh ini sangat penting untuk membamtu program pemerintahan. Namun pemanfaatannya harus khusus pada program kemiskinan. 

"Jadi ada program diluar APBN dan APBD,  yaitu dana umat tadi. Potensinya sangat besar dikita bahkan mencapai Rp12 miliar/tahun, " pungkas Ade.

Ketua Baznas Kabupaten Tasikmalaya KH. Acep Tohir Fuad menuturkan, pihaknya sangat menyambut baik Perbup Zakat infak sodakoh yang dikeluarkan oleh Pemkab Tasikmalaya. Sejauh ini, kata KH. Acep, pihaknya baru bisa mengantongi zakat profesi dari ASN sebanyak Rp80 Juta /bulan. Jumlah itu yakni dari zakat profesi ASN yang bekerja dibawah Kementrian Agama.

"Ini akam sangat bermanfaat bagi masyatakat luas terutama pada program pengentasan kemiskinan. Kita akan maksimalkan perolehan zakat dari ASN, " papar KH. Acep.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tasikmalaya terus mengoptimalkan perolehan zakat dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Tasikmalaya. Zakat dari ASN berpotensi menghasilkan zakat sebesar Rp1,2 Milyar per bulan. Angka ini diambil jika rata rata tiap ASN mengeluarkan zakat profesi sebesar 2,5%.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar