A PHP Error was encountered

    Severity: Notice

    Message: Undefined variable: recent

    Filename: metamorph/header-mainmenu.php

    Line Number: 242

    A PHP Error was encountered

    Severity: Warning

    Message: Invalid argument supplied for foreach()

    Filename: metamorph/header-mainmenu.php

    Line Number: 242

  
Yamaha Aerox

Yummy, Gurihnya Cilok Goang Teh Yanti

  Senin, 10 Juni 2019   Irpan Wahab
Cilok Goang Teh Yanti

TASIKMALAYA, AYOTASIK.COM--Selain bakso, Tasikmalaya mempunyai makanan lainnya yang patut dicoba, yakni cilok goang (Cigo). Banyak kedai cigo yang tersebar di wilayah Tasikmalaya, namun salah satu kedai cigo yang lagi hits di Tasikmalaya yakni Cigo Teh Yanti yang berada di Cempakawarna Rt 01/09 Kelurahan Cihideung Kota Tasikmalaya.

Meski berada di dalam pemukiman dan masuk gang sempit, namun Cigo Teh Yanti cukup terkenal. Hal ini terbukti dari banyaknya pembeli dan pesanan melalui ojek online. Sekilas Cigo Teh Yanti yang sudah ada sejak tahun 2012 ini tidak berbeda dengan yang lainnya, Namun dalam sajiannya, cigo diberi tambahan di antaranya tahu, ceker, sayap, serta tulang ayam.

Ayotasik.com (Ayo Media Network) berkesempatan mencoba mencicipi Cigo Teh Yanti. Benar saja, cigo yang disajikan enak dilidah, kuah cigo terasa gurih dan pas dilidah. Cilok yang berukuran kelereng pun kenyal dengan diisi oleh daging ayam cincang. 

Kenikmatan lainnya yakni di rasa sayap, ceker, dan tulang ayam. Semua bumbu sangat pas dan daging tidak berbau amis. Daging ayam pun sangat lembut dan mudah dimakan.

Yanti (43) pemilik Cigo Teh Yanti menuturkan, pembuatan cilok yang berbahan aci tidak berbeda dengan lainnya, namun di dalamnya diberi cingcangan daging halus. Selain itu, untuk menambah selera, ditambahi tahu dan sayap, ceker, serta tulang ayam.

"Sejak tujuh tahun lalu cilok disini ada, awalnya iseng membuat cilok, awalnya menjual soteng. Karena saat itu cilok sudah mulai ramai, nyoba bikin cilok tapi pakai tulang ayam. Alhamdulilah bertahan sampai sekarang," papar Yanti, Senin (10/6/2019).

Pembeli Cigo Teh Yanti ini kebanyakan mahasiswa dan pelajar. Tidak jarang mereka memesan melalui ojeg online. Dalam sati hari, sedikitnya 12 kg cigo laku terjual. 

"Kalo tulang ayam itu sekitar 80 kg habis dalam sehari. Kalau bumbunya sih sama dengan yang lain, kuahnya ciloknya. Tapi kalau untuk pemasakan tulang dagingnya ada bumbu rahasia. Itu rahasia dapur ya," kata ibu anak tiga ini.

Disinggung soal pemasaran, Yanti mengatakan ia tidak mengandalkan sosial media. Justru para pembeli yang kebanyakan mahasiswa dan pelajar meng-upload Cigo Teh Yanti di media sosial masing-masing. Sementara untuk harga sendiri bervariasi, mulai dari Rp5.000 hingga Rp15.000 per porsi.

"Itu tergantung dari menu, paling spesial itu cilok, ada ceker, sayap sama tulang ayam plus tahu. Selain cigo kuah ada juga cigo kering atau cigo goreng dengan berbagai rasa," papar Yanti.

Kedai Cigo Teh Yanti mulai buka pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB. Dalam sehari, penghasilan Cigo Teh Yanti mencapai Rp2.000.000 hingga Rp5.000.000.

"Tidak ada kiat khusus untuk jualan, yang penting itu pelayanan kepada pelanggan. Makanya kami banyak pelanggan tetap dan yang baru juga banyak karena penasaran. Rencananya kami akan buat cabang di Ciamis dan Kota Banjar, mudah-mudahan lancar," pungkas Yanti.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar