A PHP Error was encountered

    Severity: Notice

    Message: Undefined variable: recent

    Filename: metamorph/header-mainmenu.php

    Line Number: 242

    A PHP Error was encountered

    Severity: Warning

    Message: Invalid argument supplied for foreach()

    Filename: metamorph/header-mainmenu.php

    Line Number: 242

  
Yamaha Aerox

Jembatan Gantung Rusak, Aktivitas Warga Dua Desa Terganggu

  Selasa, 11 Juni 2019   Irpan Wahab Muslim
Kondisi jembatan gantung yang menghubungkan Desa Lengkongjaya, Kecamatan Cigalontang, dengan Desa Serang, Kecamatan Salawu, memprihatinkan, Selasa (11/6/2019). Bantalan jembatan yang semula potongan kayu sudah lapuk, kini diganti dengan bambu. (Irpan Wahab/Ayotasik.com)

CIGALONTANG, AYOTASIK.COM—Kondisi jembatan gantung yang menghubungkan Desa Lengkongjaya, Kecamatan Cigalontang, dengan Desa Serang, Kecamatan Salawu, memprihatinkan. Bantalan jembatan yang semula potongan kayu sudah lapuk diganti dengan bambu.

Jembatan dengan panjang 40 meter dam lebar 1,5 meter itu terbentang di atas sungai Ciwulan yang merupakan batas Kecamatan. Kondisi rusaknya jembatan sangat menggangu aktivitas warga. Terlebih jembatan gantung tersebut merupakan akses satu satunya warga dua Kecamatan.

"Anak sekolah, termasuk para petani di dua desa dan dua kecamatan aktivitasnya terhambat. Karena tidak bisa dilalui kendaraan roda dua. Kalaupun memaksakan, petani saat mengangkut hasil pertanian harus ektrawaspada," papar Dayat Hidayat, salah seorang warga Lengkongjaya, Selasa (11/6/2019).

Jembatan gantung yang rusak itu merupakan jalan utama warga di dua desa dan kecamatan. Jembatan tersebut bisa mengefektifkan jalur tempuh hingga 2 jam dibandingkan jika harus melalui jalur utama melewati jalur Salawu.

Warga sudah meminta kepada pihak desa maupun kecamatan untuk perbaikan jembatan gantung. Karena keberadaannya sudah sangat lama, kondisi tali baja dan besi jembatan gantung sudah mulai berkarat dan khawatir ambruk.

"Harus ektra hati-hati, karena hanya batang bambu yang menjadi alas jembatan. Warga sudah meminta kepada pemerintahan desa untuk dilakukan perbaikan tapi belum ada realisasi," papar Dayat.

Sementara itu, Sekretaris Desa Lengkongjaya Hendri membenarkan bahwa kondisi jembatan sudah rusak parah.

"Kami sudah beberapa kali melakukan pengajuan dan hingga saat ini belum ada realisasi. Kalau menggunakan dana desa kami kesulitan karena biayanya cukup mahal," papar Hendri.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar