Yamaha Aerox

Di Tasikmalaya, Ada Wisata Edukasi Pembuatan Kait Sutra

  Selasa, 25 Juni 2019   Irpan Wahab Muslim
Kain Sutra di Koperasi Peternak dan Pengrajin Ulat Sutra (Koppsus) Sabilulungan 3. (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)

SUKAHENING, AYOTASIK.COM--Jika kebetulan melewati Tasikmalaya dan penasaran dengan proses pembuatan kain sutra, anda bisa mampir di Kampung Karanganyar Desa Cipondok Kecamatan Sukahening. Di desa ini, ada Koperasi Peternak dan Pengrajin Ulat Sutra (Koppsus) Sabilulungan 3.

Koppsus ini didirikan oleh Tatang Suryana pada tahun 1997. Pembentukan dilatarbelakangi oleh melimpahnya kokon atau kepompon ulat sutra hasil ternak masyarakat. Peternak yang kebingungan menjual akhirnya harus bekerja sama dengan perusahaan swasta. Alhasil, para peternak tidak mendapatkan kuntungan lebih.

Pada tahun 1997 itu pula, masyarakat Karanganyar bisa dikatakan dalam kondisi masa kejayaan kokon sutra. Bahkan dalam produksinya bisa mencapai 5 ton.

“Karena dijual hanya Kokonnya saja, alhasil keuntungan sedikit. Padahal waktu itu sedang banyak kokon. Harusnya mampu meningkatkan perekonomian masyarakat malah tidak bisa berbuat apa-apa,” kata Ketua Koppsus Sabilulungan 3 Uci Sanusi, Selasa (25/6/2019).

Berjalan lebih dari 22 tahun, kini Koppsus sudah berkembang dan Desa Cipondok dijadikan tujuan wisata edukasi. Pengunjung bisa mengetahui secara langsung, mulai dari ulat muda bertumbuh menjadi ulat dewasa berubah menjadi kokon atau kepompong hingga pupa sempurna. Dari kokon atau kepompong itu, dipintal dan ditenun hingga menjadi kain siap pakai.

“Kita juga ada perkebunan murbei yang merupakan makanan ulat. Bagi para pengunjung yan datang bisa kami kenalkan proses semuanya hingga proses tenun kain sutra," papar Uci.

Bahkan para pengunjung juga bukan hanya dikenalkan pada proses bagaimana kain sutra terbentuk, tetapi juga bisa mengunjungi Gallery untuk melihat hasil yang sudah jadi. Mulai dari kain. Kerudung, syal. Selendang hingga baju siap pakai.

“Pesanan cukup banyak bahkan dari para pejabat negara," pungkas Uci.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar