Yamaha Aerox

Sumber Air di Tasik Belum Optimal Bantu Wilayah Terdampak Kekeringan

  Kamis, 11 Juli 2019   Ananda Muhammad Firdaus
Ilustrasi sumber air. (Irfan Al-Faritsi/Ayobandung.com)

CIYASONG, AYOTASIK.COM -- Sumber-sumber air di Kabupaten Tasikmalaya belum dioptimalkan untuk membantu meminimalisir kebutuhan air di berbagai wilayah yang terdampak kekeringan akibat musim kemarau tahun ini.

Berdasarkan catatan pemerintah, sumber air yang tersebar di berbagai wilayah Kabupaten Tasikmalaya mencapai 3.300 titik. Namun keterbatasan anggaran dan kendala geografis menyebabkan penyaluran bantuan air hingga sekarang belum optimal.

"Kalau itu (sumber air) bisa dikelola dengan maksimal maka dapat meminimalisasi kerawanan air saat  musim kemarau," kata Kepala Bidang Air Minum dan Penyehatan Lingkungan pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Tasikmalaya Atep Sumardi, Rabu (10/7/2019).

Ia menuturkan, hasil pendataan di lapangan dan laporan masyarakat bahwa potensi air di permukaan maupun air bawah tanah memiliki 3.300 sumber air tersebar di seluruh daerah di Kabupaten Tasikmalaya salah satunya di Gunung Galunggung.

Namun seluruh potensi sumber air itu, kata dia, belum seluruhnya dimanfaatkan secara optimal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari maupun kebutuhan pertaniannya karena belum adanya sarana untuk memanfaatkanya.

"Sebanyak 3.300 sumber air itu ada sebagian belum dimanfaatkan, masalahnya karena akses yang jauh, dan status tanahnya belum jelas sehingga bisa memicu konflik sosial," katanya.

Terkait sumber air yang rusak atau hilang, kata dia, ada, penyebabnya karena bencana alam dan juga aktivitas galian pasir, namun datanya belum dapat diketahui secara pasti.

Pemerintah daerah, lanjut dia, juga telah mencanangkan program penyelamatan sumber mata air agar tetap terjaga dengan baik sehingga terus termanfaatkan untuk kehidupan masyarakat.

"Untuk program kaitan konservasi sumber mata air dari pemerintah daerah sudah dilakukan agar fungsinya bisa berkelanjutan," katanya.

Ia menambahkan, adanya program Water.org dari organisasi yang fokus pada pemanfaatan air bersih kerjasama dengan koperasi Pesantren Idrisiyyah Tasikmalaya itu telah membantu masyarakat untuk memudahkan akses air bersih.

"Kami mengapresiasi sekali kerjasama dengan Water.org, BPR Syariah dan BMT Idrisiyyah," katanya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar