Pengendara Roda Dua Dominasi Tilang Manual, Kasatlantas : Pelanggaran Tidak Pakai Helm dan Knalpot Brong

- Jumat, 2 Juni 2023 | 18:58 WIB
Pengendara Roda Dua Dominasi Tilang Manual, Kasatlantas : Pelanggaran Tidak Pakai Helm dan Knalpot Brong (Istimewa)
Pengendara Roda Dua Dominasi Tilang Manual, Kasatlantas : Pelanggaran Tidak Pakai Helm dan Knalpot Brong (Istimewa)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM – Kepolisian resmi memberlakukan kembali tilang manual sejak 1 Juni dikemarin. Di wilayah hukum Polres Tasikmalaya saja, dalam dua hari pemberlakukan tilang manual, sudah menjaring beberapa pelanggar, diantaranya kendaraan roda dua yang pengendaranya tidak memakai helm dan menggunakan kenalpot brong.

Kasat Lantas Polres Tasikmalaya AKP M. Abdhi Hendriyatna memaparkan, dua hari pelaksaan tilang manual, pelanggaran lalulintas didominasi oleh kendaraan roda dua.

“Ada pun pelanggaran yang ditemukan pada pengendara roda dua yakni tidak menggunakan helm, kenalpot brong kelengkapan spektek,” kata Abdhi.

Baca Juga: Tilang Manual Kembali Diberlakukan, Ini Sasarannya

Ditambahkan Abdhi, dalam pelaksanaan tilang manual, petugas tidak melakukan secara stationer. Melainkan dengan cara mobile atau hunting.

"Penindakan tilang itu akan berjalan secara mobiles, menyertai penerapan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE)," kata Abdhi.

Ditambahkan Abdhi menuturkan, adapun sasaran tilang manual ini diantaranya, berkendara dibawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, menggunakan ponsel saat berkendara, menerobos lampu merah dan tidak menggunakan helm.

Baca Juga: Tilang Manual Diberlakukan, Kasat Lantas : Tidak Semua Anggota Satlantas Bisa Menilang

Sasaran selanjutnya, pengendara yang melawan arus, melebihi batas maksimal kecepatan, berkendara dibawah pengaruh minuman beralkohol, kendaraan tidak sesuai spesifikasi meliputi spion, knalpot, rem dan slampu petunjuk arah.

Sasaran tilang manual lainnya, menggunakan kendaraan tidak sesuai dengan peruntukannya, kendaraan overloud dan over dimensi, kendaraan tanpa Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau menggunakan TNKB palsu serta tidak menggunakan safety belt.

"Sasaran pelanggaran yang  dilakukan tilang manual tersebut yaitu sekiranya menimbulkan fatalitas kecelakaan, atau pun yang bisa membuat pengendara kendaraan tersebut mengalami kecelakaan. Atau dengan kata lain yang terlihat kasat mata berpotensi membahayakan," pungkas Abdhi.

 

Editor: Irpan Wahab Muslim

Tags

Terkini

Jadwal Salat Tasikmalaya dan Keistimewaan Berjamaah

Kamis, 28 September 2023 | 02:00 WIB

Prakiraan Cuaca Tasikmalaya Hari Ini, Cerah Berawan

Rabu, 27 September 2023 | 03:00 WIB

Jadwal Salat Tasikmalaya dan Keistimewaan Berjamaah

Rabu, 27 September 2023 | 02:00 WIB

Prakiraan Cuaca Tasikmalaya Hari Ini, Cerah Berawan

Selasa, 26 September 2023 | 03:00 WIB

Jadwal Salat Tasikmalaya dan Keistimewaan Berjamaah

Selasa, 26 September 2023 | 02:00 WIB
X