Ingin Kulit Tetap Awet Muda, Lakukan Kebiasaan Ini

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:16 WIB
Ilustrasi kulit awet muda dan cerah seperti wanita jepang. (Vijay Hu/Pixabay)
Ilustrasi kulit awet muda dan cerah seperti wanita jepang. (Vijay Hu/Pixabay)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM – Kolagen dan elastin yang memberikan kekenyalan dan kekencangan pada kulit akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Alhasil, kulit akan menipis dan terasa lebih kering. Kondisi itu, akan menyebabkan adanya keriput pada kulit.

Ada beberapa cara agar terhindari dari keriput dan kulit tampak awet muda. Diantaranya, memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Jumlahnya berbeda-beda tergantung pada kondisi kesehatan dan aktivitas yang dilakukan. Umumnya, orang dewasa dianjutkan memenuhu cairan tubuh sebanyak 2 liter per hari.

Selain dengan minum air mineral, pemenuhan kebutuhan air juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air.

Baca Juga: Lansia Di Taraju Serbu Gerai vaksin Covid-19, Asep : Butuh Edukasi dan Sosialisasi

Cara yang selanjutnya yakni mengkonsumsi makanan bergizi seimbang diantaranya dengan mengkonsumsi buah dan sayur serta menghindari atau membatasi makanan yang mengandung banyak gula.

Cara merawat kulit lainnya dengan rutin berolahraga. Ketika berolahraga, kerja sistem kekebalan tubuh dan sirkulasi darah akan meningkat sehingga kulit bisa tampak lebih segar dan lebih muda. Ada beberapa olahraga yang dapat dipilih, diantaranya olahraga kardio, diantaranya lari bersepeda dan berenang.

Cara lainnya yakni menggunakan lotion yang melindungi kulit dari paparan sinar Matahari. Karena paparan sinar matahari akan memecah serat kolagen dan produksi elastin menjadi tidak normal. Hal itu tentunya akan berdampak pada kulit menjadi keriput.

Baca Juga: Satu Mobil Angkutan Umum Nyaris Tertimbun Material Longsor

Menjaga kulit tetap awet muda juga bisa dengan cara berhenti merokok. Kandungan zat nikotin dalam rokok dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Hal ini membuat kulit tidak mendapatkan cukup oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan untuk peremajaan kulit.

Halaman:

Editor: Irpan Wahab Muslim

Sumber: Alodokter

Tags

Terkini

Prakiraan Cuaca Tasikmalaya Hari Ini, Berawan

Kamis, 1 Desember 2022 | 03:00 WIB

Prakiraan Cuaca Tasikmalaya Hari Ini, Berawan

Selasa, 29 November 2022 | 03:00 WIB

Prakiraan Cuaca Tasikmalaya Hari Ini, Berawan

Senin, 28 November 2022 | 03:00 WIB
X