Mengenal Sosok KH. Zainal Musthafa, Pahlawan Nasional Asal Singaparna

- Senin, 15 Agustus 2022 | 19:10 WIB
Biografi KH. Zainal Musthafa
Biografi KH. Zainal Musthafa

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM – Tentu saja, sosok KH. Zainal Musthafa sudah tidak asing ditelinga warga Tasikmalaya. Terlebih, nama besar tersebut disematkan menjadi salah satu nama jalan di Kota Tasikmalaya.

Pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 77 tahun ini, Ayotasik.com akan menyuguhkan sosok KH. Zainal Musthafa. Berikut ulasan singkatnya :

Zainal Musthafa Lahir di Singaparna

KH. Zainal Musthafa lahir di kampung Bageur Desa Cimerah Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya pada tahun 1899 dari ibu bernama Ratmah dan bapak bernama Nawapi. Saat kecil, kedua orang tuanya memberi nama Hudaemi. Kedua orang tua KH. Zainal Musthafa merupakan seorang petani yang taat beribadah.

Baca Juga: Peringati HUT Kemerdekaan RI ke 77, Ini Cara Polres Tasikmalaya


Riwayat Pendidikan di Habiskan Di Pesantren

KH. Zainal Musthafa kecil yang bernama Hudaemi menimba ilmu pendidikan formal di Sekolah Rakyat (SR). Sedangkan pendidikan agama, ia peroleh dari guru ngaji dikampungnya. Kemampuan ekonomi membuat ia tidak melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi. Ia dimasukan ke pendidikan agama di Pesantren Gunung Pari di bawah bimbingan kakak sepupunya bernama Dimyati yang dikenal dengan nama KH. Zainal Muhsin.

Selanjutnya, ia belajar di pesantren Cilengan Kecamatan Leuwisari dan pesantren Sukamiskin Bandung. Tercatat, lebih dari 17 tahun, ia menggeluti pendidikan agama di beberapa pesantren yang ada di Jawa Barat.

Perkenalannya dengan ulama terkemuka di tanah suci ia dapatkan saat melaksanakan Ibadah haji. Bahkan, ia berkesempatan untuk tukar fikiran dan melihat langsung pendidikan di tanah suci Mekkah. Hal itu ditopang oleh kefasihan dan kemahirannya berbahasan Arab.

Baca Juga: Volume Transaksi BNIDirect  Lebih dari Rp 2.500 Triliun 

Halaman:

Editor: Irpan Wahab Muslim

Sumber: Wikipedia, Laduni

Tags

Terkini

Kurang Dari 6 Jam, Tasik Diguncang 3 Kali Gempa

Minggu, 4 Desember 2022 | 11:01 WIB

Gempa Garut Rusak Rumah Lansia di Tasikmalaya

Minggu, 4 Desember 2022 | 10:35 WIB

Kota Tasikmalaya Diguncang Dua Kali Gempa

Minggu, 4 Desember 2022 | 09:46 WIB

Gempa Garut Dirasakan Di Tasikmalaya, Warga : Kaget

Sabtu, 3 Desember 2022 | 17:09 WIB
X