Alun-alun Singaparna Ditata, Polisi Bakal Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

- Senin, 26 September 2022 | 20:20 WIB
Sudut alun-alun Singaparna yang sering tergenang air saat hujan (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)
Sudut alun-alun Singaparna yang sering tergenang air saat hujan (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)

MANGUNREJA, AYOTASIK.COM - Pembangunan dan penataan alun-alun Singaparna Kabupaten Tasikmalaya berdampak pada arus lalu lintas. Untuk itu, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tasikmalaya akan melakukan rekayasa lalu lintas.

Kasat Lantas Polres Tasikmalaya, AKP Yudi Sadikin mengemukakan, rekayasa lalu lintas akan mulai berlaku pada Selasa 27 September pagi, sekitar pukul 07.00 WIB. Rekayasa kendaraan akan lebih menyasar kendaraan roda empat atau lebih.

Rekayasa lalu lintas ini, berlaku bagi kendaraan dari arah Kota Tasikmalaya menuju Garut. Sedangkan dari arah Garut menuju Kota Tasikmalaya akan tetap seperti biasa.

Baca Juga: Pelaku Penganiayaan Monyet Sudah Jalani Tes Kejiwaan, Ini Hasilnya

Adapun rute yang berlaku pada rekayasa lalu lintas ini, lanjut Yudi, kendaraan-kendaraan sekala kecil dari arah Kota Tasikmalaya akan dibelokkan ke jalur Kudang. Bus bisa melalui jalur Cikiray. Sementara kendaraan lain seperti motor bisa menyesuaikan, baik melewati Kudang atau Cikiray.

Rekayasa lalu lintas relatif tidak akan berlaku bagi truk dengan tonase besar. Kata Yudi, pihaknya memprioritaskan kendaraan tersebut tetap normal, mengingat kelebaran jalan-jalan alternatif terlalu kecil untuk truk bertonase besar.

“Untuk truk-truk dengan tonase besar kami prioritaskan tetap normal. Biar koordinasi antarpersonil lebih mudah,” lanjut Yudi.

Baca Juga: Intensitas Hujan Tinggi Sebabkan Bencana Di 10 Kecamatan

Berdasarkan hasil koordinasi antara Satlantas Polres Tasikmalaya deng pengembang taman alun-alun Singaparna; kemungkinan rekayasa lalu lintas berlaku sekitar tiga bulan. Bahkan bisa lebih cepat.

Rekayasa lalu lintas bisa lebih cepat berakhir, salah satunya, jika pihak pengembang bisa lebih cepat dalam mengerjakan bagian-bagian yang utama. Misalnya pada pembangunan tiang-tiang yang besar-besar.

Halaman:

Editor: Irpan Wahab Muslim

Tags

Terkini

Kurang Dari 6 Jam, Tasik Diguncang 3 Kali Gempa

Minggu, 4 Desember 2022 | 11:01 WIB

Gempa Garut Rusak Rumah Lansia di Tasikmalaya

Minggu, 4 Desember 2022 | 10:35 WIB

Kota Tasikmalaya Diguncang Dua Kali Gempa

Minggu, 4 Desember 2022 | 09:46 WIB

Gempa Garut Dirasakan Di Tasikmalaya, Warga : Kaget

Sabtu, 3 Desember 2022 | 17:09 WIB
X