Desa Ciawi dan Cikupa Karangnunggal Jadi Langganan Banjir

- Selasa, 27 September 2022 | 19:30 WIB
Desa Ciawi dan Cikupa Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya wilayah langganan banjir (Istimewa)
Desa Ciawi dan Cikupa Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya wilayah langganan banjir (Istimewa)

KARANGNUNGGAL, AYOTASIK.COM - Hujan deras yang terus mengguyur wilayah Tasikmalaya Selatan (Tasela) selama beberapa hari belakangan, menyebakan dua desa yakni, Desa Cikupa dan Desa Ciawi Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya terendam banjir.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmakaya, Kurnia Trisna Somantri mengatakan, bencana banjir di wilayah Kecamatan Karangnunggal telah terjadi selama tiga hari. Meski sempat surut, namun banjir kembali terjadi karena hujan kembali turun.

“Betul, sudah tiga hari ini masih terjadi banjir. Kemarin sempat surut, namun air kembali merendam ketika curah hujan tinggi," jelas Kurnia, Selasa 27 September 2022.

Baca Juga: Perempuan Muda di Tasik Nekat Panjat Tower Sutet, Ini Sebabnya

Ditambahkan Kurnia, banjir di Desa Ciawi dan Cikupa merupakan banjir langganan atau sering terjadi. Hal ini lantaran, selain letak geografis yang berada di kawasan cekungan dan dikelilingi bukit, saluran pembuangan air disana pun tergolong kecil.

“"Jadi itu banjir langganan, setiap musim hujan memang selalu terjadi banjir karena saluran air yang ada melalui goa kecil, sedangkan debit air tinggi akibat intensitas hujan tinggi. Sebelumnya sudah dilakukan normalisasi saluran, akan tetapi mungkin karena banyak sampah, sehingga saluran air tersebut menjadi tersumbat. ” ucap Kurnia.

Banjir merendam ratusan hektar sawah dan jalan raya Sidangreret- Cidadap, banjir juga telah merendam 16 rumah warga serta 25 kepala keluarga yang terdampak menungsi. Ketinggian banjir mulai 0,5 meter hingga 2 meter.

Baca Juga: Rekayasa Lalin di Singaparna Resmi Diterapkan, Ini Rute Barunya

Dampak banjir inipun memutus akses jalan masyarakat, sehingga mereka yang ingin bepergian harus melintas dengan menggunakan perahu karet yang disediakan petugas BPBD.

Halaman:

Editor: Irpan Wahab Muslim

Tags

Terkini

Kurang Dari 6 Jam, Tasik Diguncang 3 Kali Gempa

Minggu, 4 Desember 2022 | 11:01 WIB

Gempa Garut Rusak Rumah Lansia di Tasikmalaya

Minggu, 4 Desember 2022 | 10:35 WIB

Kota Tasikmalaya Diguncang Dua Kali Gempa

Minggu, 4 Desember 2022 | 09:46 WIB

Gempa Garut Dirasakan Di Tasikmalaya, Warga : Kaget

Sabtu, 3 Desember 2022 | 17:09 WIB
X