Anggaran Perbaikan SDN Sindangrahayu yang Ambruk, Ini Besarannya

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 10:54 WIB
Kondisi Ruang Kelas SDN Sindangrahayu Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya Ambruk (Istimewa)
Kondisi Ruang Kelas SDN Sindangrahayu Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya Ambruk (Istimewa)

JATIWARAS, AYOTASIK.COM - Setidaknya dibutuhkan anggaran Rp. 560 juta untuk perbaikan 4 lokal ruangan kelas di SDN Sindangrahayu Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya yang kondisinya ambruk.

Kasi Sarana Prasarana SD pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya, Suhendi Adi Zahri mengatakan, perkiraan besaran anggaran Rp. 560 juta untuk perbaikan itu, dengan asumsi, 1 bangunan sekolah tersebut membutuhkan anggaran Rp 140 juta, maka bila saat ini ada 4 ruangan yang perlu dibangun, maka akan membutuhkan anggaran paling sedikit Rp 540 juta.

Ditambahkan Suhendi, di tahun 2022 ini pihaknya berupaya agar 2 kelas bisa dibangun, sedangkan 2 kelas lainnya di tahun berikutnya.

Baca Juga: Terkait Jaminan SPK Bodong CIJ, Ini Kata Wabup Tasik

"Kemarin, kami sudah ke lapangan meninjau langsung kondisinya. Lantas kami pun telah melaporkan ke pak Kadis dan langsung berunding bagaimana agar secepatnya SDN Sindangrahayu bisa dibangun lagi,” jelas Suhendi.

Suhendi menambahkan, masalah ketersediaan anggaran menjadi kendala sangat sulitnya menyelesaikan kerusakan bangunan yang setiap tahunnya terus bertambah. Dari jumlah 1.050 bangunan Sekolah Dasar yang ada di Kabupaten Tasikmalaya, hampir 15 persennya dalam kondisi rusak berat dan sedang.

"Kalau kerusakan ringan, mungkin itu bisa diperbaiki sekolah dari dana BOS. Tetapi untuk yang rusak berat dan sedang, tentu membutuhkan anggaran tidak sedikit. Dari 1.050 bangunan SD yang ada, hampir 15 persenya rusak sedang dan berat," jelas Suhendi.

Baca Juga: Kejari Kabupaten Tasikmalaya Periksa Dua Saksi Terkait Dugaan Korupsi Jaminan Kredit Fiktif CIJ

Sejauh ini Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, hanya bisa mengandalkan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk memperbaiki bangunan sekolah yang rusak. Meski ada sistem yang harus ditempuh dengan meng-upload secara maksimal di Dapodik (Data Pokok Pendidikan).

Halaman:

Editor: Irpan Wahab Muslim

Tags

Terkini

Kurang Dari 6 Jam, Tasik Diguncang 3 Kali Gempa

Minggu, 4 Desember 2022 | 11:01 WIB

Gempa Garut Rusak Rumah Lansia di Tasikmalaya

Minggu, 4 Desember 2022 | 10:35 WIB

Kota Tasikmalaya Diguncang Dua Kali Gempa

Minggu, 4 Desember 2022 | 09:46 WIB

Gempa Garut Dirasakan Di Tasikmalaya, Warga : Kaget

Sabtu, 3 Desember 2022 | 17:09 WIB
X