Satu Hari, Desa Parentas Dilanda 8 Titik Bencana Tanah Longsor

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 14:57 WIB
Satu Hari, Desa Parentas Dilanda 8 Titik Bencana Tanah Longsor (Istimewa)
Satu Hari, Desa Parentas Dilanda 8 Titik Bencana Tanah Longsor (Istimewa)

CIGALONTANG, AYOTASIK.COM - Desa Parentas Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya pada Senin 3 Oktober kemarin dilanda delapan kejadian bencana tanah longsor. Diantaranya 3 titik dianyatanya bencana longsor yang menimbun badan jalan dan rumah warga dan 5 titik lainnya bencana tanah longsor skala kecil.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (Dalrog) Badan Penanggulangan Bencana Derah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya, Kurnia Trisna Somanteri mengatakan, longsor yang diakibatkan hujan deras pada Senin malam mengakibatkan 8 titik kejadian longsoran di Desa Parentas Kecamatan Cigalontang. Longsoran bahkan sempat menutup akses jalan utama selama dua hari.

"Longsoran yang cukup besar yakni sampai menimbun badan jalan dan rumah warga. Lima titik longsor lainnya skala kecil," jelas Kurnia.

Baca Juga: Aliansi Suporter Tasikmalaya Gelar Doa Bersama Untuk Korban Kanjuruan Malang

Menurut Kurnia, proses evakuasi terkendala karena longsoran yang cukup besar. Ditambah cuaca yang tidak mendukung dengan turun kabut tebal dan hujan. Saat ini akses jalan dari Desa Cidugalen menuju Desa Parentas sudah bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat.

"Tadi pagi baru bisa diakses roda dua, sore ini sudah tembus dan bisa dilalui kendaraan roda empat. Walau tetap harus hati-hati," ujar Kurnia.

Setelah dilakukan assessment oleh BPBD, bencana tanah longsor tersebut merusak 3 rumah di Kampung Kanang dan Kampung Ciguntur. Keduanya rusak akibat tertimbun material tanah longsor. Selain bagian dinding ambrol, material tanah juga masuk ke dalam rumah. Beruntung, penghuni rumah lolos dari maut.

Baca Juga: Startup hotelmurah.com, Siap Gratiskan Tagihan Listrik 500 Masjid atau Musholla

Sementara itu, Kapolsek Cigalontang Iptu Dian menyatakan, selain 3 rumah yang diterjang longsor, tebing yang diperkirakan setinggi 10 meter itu turut menutup Jalan Parentas. Panjang longsoran mencapai 200 meter dengan kedalaman longsoran 50 centimeter.

Halaman:

Editor: Irpan Wahab Muslim

Tags

Terkini

Kurang Dari 6 Jam, Tasik Diguncang 3 Kali Gempa

Minggu, 4 Desember 2022 | 11:01 WIB

Gempa Garut Rusak Rumah Lansia di Tasikmalaya

Minggu, 4 Desember 2022 | 10:35 WIB

Kota Tasikmalaya Diguncang Dua Kali Gempa

Minggu, 4 Desember 2022 | 09:46 WIB

Gempa Garut Dirasakan Di Tasikmalaya, Warga : Kaget

Sabtu, 3 Desember 2022 | 17:09 WIB
X