Wajah Baru Jalan HZ Mustofa Tasikmalaya, Lebih Cantik Dengan Ornamen Kelom Geulis dan Payung Emas Kuncup

- Rabu, 19 Oktober 2022 | 19:29 WIB
Wajah Baru Jalan HZ Mustofa Tasikmalaya, Lebih Cantik Dengan Ornamen Kelom Geulis dan Payung Emas Kuncup (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)
Wajah Baru Jalan HZ Mustofa Tasikmalaya, Lebih Cantik Dengan Ornamen Kelom Geulis dan Payung Emas Kuncup (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)

CIHIDEUNG, AYOTASIK.COM – Wajah jalan HZ Mustofa Kota Tasikmalaya berubah total setelah mendapatkan suntikan dana Rp 4,4 Miliar dan Rp 5 Miliar. Bahkan, wajah baru pusat perekonomian di Kota Tasikmalaya ini disebut mirip Malioboro Yogyakarta.

Pantauan ayotasik.com, wajah baru jalan HZ Mustofa terlihat dari pelebaran trotoar di bagian kiri dan kanan, mulai dari depan Mesjid Agung hingga perempatan Pasar Mambo dan Cihideung.

Keindahannya ditambah dengan adanya rantai dengan warna menarik, lampu khas taman kota di sepanjang pinggir trotoar sehingga menambah kesan indah. Selain itu terdapat juga tanaman hias yang ditempatkan di tiap sudut trotoar tersebut.

Baca Juga: Rehab Ruang Kelas SDN 1 Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2023

Keindahan itu bertambah lengkap dengan adanya dua ornamen jalur pedestrian Jalan HZ Mustofa yaitu tempat duduk berupa Kelom geulis dan payung emas kuncup. Selain itu, ada juga tiang-tiang lampu yang membuat nuansa indah lebih muncul.

Jalur pedestrian Jalan HZ Mustofa itu dirancang oleh Aditya Hiracahya yang merupakan seniman handal di Kota Tasikmalaya. Ia mengatakan, dengan dipasangnya dua ornamen berupa replika produk unggulan UMKM khas Kota Tasikmalaya.

"Kami ingin produk khas kota ini menjadi identitas dan terus melekat di masyarakat,” kata Aditya Hiracahya.

Adapun fungsi payung kuncup, kata Aditya, lebih kepada tiang lampu yang kemudian didesain payung geulis. Terkait posisi kuncup, karena ukuranya besar dan secara teknis akan sulit jika payung itu terbuka karena bentangannya lebih 10 meter.

Baca Juga: Masyarakat Pesisir Pantai Diimbau Waspada Gelombang Tinggi Di Pantai Selatan

“Jadi ini tiang PJU khas Tasik,” ucap Aditya.

Halaman:

Editor: Irpan Wahab Muslim

Tags

Terkini

Kurang Dari 6 Jam, Tasik Diguncang 3 Kali Gempa

Minggu, 4 Desember 2022 | 11:01 WIB

Gempa Garut Rusak Rumah Lansia di Tasikmalaya

Minggu, 4 Desember 2022 | 10:35 WIB

Kota Tasikmalaya Diguncang Dua Kali Gempa

Minggu, 4 Desember 2022 | 09:46 WIB

Gempa Garut Dirasakan Di Tasikmalaya, Warga : Kaget

Sabtu, 3 Desember 2022 | 17:09 WIB
X