Lahan Pertanian di Kabupaten Tasik Terus Menyempit

- Selasa, 22 November 2022 | 11:00 WIB
Ilustrasi -- Lahan Pertanian di Kabupaten Tasik Terus Menyempit (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Ilustrasi -- Lahan Pertanian di Kabupaten Tasik Terus Menyempit (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM – Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Tasikmalaya, Nuraedidin mengatakan, lahan pertanian di Kabupaten Tasikmalaya terus menyempit. Hal itu disebabkan oleh alih fungsi lahan, seperti digunakan untuk perumahan dan lainnya

Kondisi ini, lanjut Nuraedidin, perlu disikapi dengan serius dengan langkah antisipasi yang jelas. Salah satunya yakni memanfaatkan lahan tirut dan juga lahan pertanian. Namun ditengah menyempitnya lahan pertanian itu, Pemkab Tasikmalaya terus berupaya peningkatkan kualitas pertanian

"Kita terus meningkatkan kualitas pertanian, Maka dari itu terus kita pikirkan, diantaranya memanfaatkan lahan tidur juga lahan pekarangan," kata Nuraedidin.

Baca Juga: Pemkab Tasikmalaya Belum Putuskan Kenaikan UMK

Dalam upaya meningkatkan produksi pertanian ditengah menyempitnya lahan, lanjut Nuraedidin, pihaknya meberikan bantuan bibit kepada penerima Program Keluarga Harapan (PKH).  Dengan begitu, masyarakat akan terus produktif meningkatkan pertanian yang mamang selama ini menjadi salah satu potensi di Kabupaten Tasikmalaya.

"Kami juga terus memberikan contoh bagi masyarakat dan juga terus melakukan pembinaan melalui penyuluhan pertanian," kata Nuraedidin.

Sementara itu, Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto mengatakan, saat ini pemerintah terus berusaha agar pertanian di Kabupaten Tasikmalaya terus berkembang dengan potensinya. Salah satu upaya kami ya terus meberikan bantuan, baik benih dan alat pertanian.

Baca Juga: Polres Tasik Bantu Korban Gempa Bumi Cianjur, Kirim Berbagai Logistik

Diengah menyempitnya lahan, lanjut Ade, pihaknya dengan berbagai instansi termasuk TNI, melakukan percetakan lahan pertanian baru. Saat ini setidaknya lebih dari 330 hektare percetakan sawah baru.

Halaman:

Editor: Irpan Wahab Muslim

Tags

Terkini

Kurang Dari 6 Jam, Tasik Diguncang 3 Kali Gempa

Minggu, 4 Desember 2022 | 11:01 WIB

Gempa Garut Rusak Rumah Lansia di Tasikmalaya

Minggu, 4 Desember 2022 | 10:35 WIB

Kota Tasikmalaya Diguncang Dua Kali Gempa

Minggu, 4 Desember 2022 | 09:46 WIB

Gempa Garut Dirasakan Di Tasikmalaya, Warga : Kaget

Sabtu, 3 Desember 2022 | 17:09 WIB
X