Kabupaten Tasikmalaya Rawan Bencana, Ini Saran anggota DPRD

- Jumat, 25 November 2022 | 11:47 WIB
Kabupaten Tasikmalaya Rawan Bencana, Ini Saran anggota DPRD (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)
Kabupaten Tasikmalaya Rawan Bencana, Ini Saran anggota DPRD (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM – Kabupaten Tasikmalaya termasuk wilayah dengan kerawanan tinggi di Jawa Barat. Berkaca pada kejadian bencana alam di Cianjur, Pemerintah daerah diminta untuk menyiapkan mitigasi bencana.

Anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Hidayat Muslim mengatakan,  kerawanan bencana di Kabupaten Tasikmalaya tersebar di beberapa wilayah termasuk wilayah Tasikmalaya Selatan (Tasela). Khususnya di daerah Tasela, bencana yang rawan diantarnya bencana air pasang, tsunami dan longsor.

"Bencana alam ini tidak bisa diprediksi, tetapi dengan adanya kesiapsiagaan bencana di tengah-tengah masyarakat, setidaknya bisa mengantisipasi korban yang lebih banyak ketika terjadi bencana," kata Hidayat Muslim.

Baca Juga: Bantu Korban Gempa Cianjur, bank bjb syariah Salurkan Dana CSR dan Kebutuhan Pokok

Ditambahkan Hidayat Muslim, salah satu upaya mitigasi bencana, diantaranya perlu diaktifkan kembali masyarakat siaga bencana , baik sekolah siaga bencana, desa siaga bencana dan lainnya. 

"Daerah selatan ini rawan longsor, banjir dan lainnya, itu sering terjadi, itu harus menjadi sepemikiran bersama dan diketahui apa yang harus menjadi solusinya," kata Hidayat Muslim.

Mengingat, Kabupaten Tasikmalaya rawan bencana alam, Hidayat Muslim meminta Pemerintah Derah Kabupaten Tasikmalaya menyiapkan anggaran Biaya Tak Terduga (BTT). 

Baca Juga: Ribuan Guru Di Kabupaten Tasik Doa Bersama Untuk Korban Gempa Cianjur Ditengah Peringatan HUT PGRI

"Termasuk orangnya harus profesional dalam menagani kebencanaan. Maka dengan itu harus betul-betul dipersiapkan dengan matang untuk mengantisipasi bila terjadi bencna walapun itu tidak kita semua inginkan," jelas hidayat muslim.

Halaman:

Editor: Irpan Wahab Muslim

Tags

Terkini

Kurang Dari 6 Jam, Tasik Diguncang 3 Kali Gempa

Minggu, 4 Desember 2022 | 11:01 WIB

Gempa Garut Rusak Rumah Lansia di Tasikmalaya

Minggu, 4 Desember 2022 | 10:35 WIB

Kota Tasikmalaya Diguncang Dua Kali Gempa

Minggu, 4 Desember 2022 | 09:46 WIB

Gempa Garut Dirasakan Di Tasikmalaya, Warga : Kaget

Sabtu, 3 Desember 2022 | 17:09 WIB
X