Masalah Dunia Pendidikan di Kabupaten Tasikmalaya, Ini Kata Ade Sugianto

- Jumat, 25 November 2022 | 12:49 WIB
Kondisi bangunan SD Negeri Bojongkapol Kecamatan Bojonggambir (Istimewa)
Kondisi bangunan SD Negeri Bojongkapol Kecamatan Bojonggambir (Istimewa)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM – Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto mengatakan, ada dua permasalahan yang dihadapi dunia pendidikan di Kabupaten Tasikmalaya pada hari ini. Dua permasalahan itu yakni infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Ade mengakui, selama ini masih banyak infrastrutktur berupa bangunan sekolah terutama tingkat dasar yang rusak. Kerusakan disebabkan beberapa faktor, diantaranya bencana alam dan umur sekolah yang sudah terbangun lama.

“Dan itu sudah tahu semua, bukan kami disini tidak peduli tetapi kemampuan terbatas soal anggaran dari kami. “ ujar Ade Sugianto.

Baca Juga: Kabupaten Tasikmalaya Rawan Bencana, Ini Saran anggota DPRD

Sementara dalam persoalan Sumber Daya Manusia (SDM), kata Ade Sugianto, pengajar atau guru yang ada saat ini di Kabupaten Tasikmalaya terutam tingkat SD dan SMP masih didukung banyak oleh tenaga Sukwan.

“Dengan masih banyaknya guru berstatus tenaga honorer, kami berharap program Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) dari Pemerintah Pusat menjadi solusi,” ucap Ade Sugianto.

Sementara itu, dari data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dari jumlah 1.050 bangunan Sekolah Dasar (SD) yang ada di Kabupaten Tasikmalaya, 15 persennya dalam kondisi rusak berat dan sedang.

Editor: Irpan Wahab Muslim

Tags

Terkini

X