Pengelolaan Aset Kabupaten Tasik Masuk LHP BPK 2021, Ini Kata Anggota Dewan

- Kamis, 1 Desember 2022 | 13:17 WIB
Ilustrasi-- Pengelolaan Aset Kabupaten Tasik Masuk LHP BPK 2021, Ini Kata Anggota Dewan(antara)
Ilustrasi-- Pengelolaan Aset Kabupaten Tasik Masuk LHP BPK 2021, Ini Kata Anggota Dewan(antara)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM - Pengelolaan aset daerah oleh Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya menjadi catatan penting Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI tahun 2021.

Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Dani Fardian mengatakan, BPK bahkan sudah merekomendasikan Pemkab Tasikmalaya untuk menertibkan sistem pengelolaan aset. Hal ini tiada lain karena BPK menemukan sejumlah ketidak jelasan pada aset yang ada di Pemkab Tasikmalaya.

Adapun temuan BPK terkait pemeriksaan aset Pemkab Tasikmalaya, antara lain 10 kendaraan dinas masih di tangan mantan pejabat. Padahal pejabat tersebut telah pensiun dan meninggal dunia. Nilai asetnya senilai kurang lebih Rp 2,2 miliar.

Baca Juga: Pelajar SMP Di Culamega Ditemukan Tewas Bersimbah Darah

Selain itu, ada sebanyak 153 kendaraan dinas lainnya yang berstatus pinjam pakai, akam tetapi inipun lagi-lagi tidak terdata dengan baik. Sebanyak 11 kendaraan bahkan belum memiliki perjanjian pinjam pakai. Sementara perjanjian pinjam pakai sebanyak 142 kendaraan telah kedaluarsa.

"Belum lagi kendaraan dinas yang hilang. Setidaknya ada dua kendaraan hilang belum melalui proses tuntutan ganti rugi," jelas Dani.

Selain aset dalam bentuk kendaraan, kata Dani, ada juga aset dalam bentuk lain seperti bangunan dan tanah. Sebanyak 26 rincian aset tetap teridentifikasi sebagai rehabilitasi, namun berdiri sebagai aset tersendiri terpisah dari induknya.

Baca Juga: Pemkab Tasik Terus Inventarisir Aset Kendaraan Dinas

Ada juga sebanyak 103 rincian aset tetap, akan tetapi tidak memiliki keterangan luas bangunan. Belum lagi 591 bangunan kantor pemerintah yang berdiri di tanah ulayat atau tanah desa. Misalnya bangunan sekolah, Puskesmas, kantor kecamatan dan kantor pemerintahan lainya.

Halaman:

Editor: Irpan Wahab Muslim

Tags

Terkini

Harga Minyak dan Beras di Pasar Singaparna Naik

Senin, 30 Januari 2023 | 20:12 WIB

Bus Milik PO Budiman Terbakar, Ini Dugaan Penyebabnya

Sabtu, 28 Januari 2023 | 21:18 WIB
X