Mahasiswi di Tasikmalaya Jadi Tersangka Investasi Kosmetik Bodong

- Senin, 5 Desember 2022 | 08:54 WIB
Mahasiswi di Tasikmalaya Jadi Tersangka Investasi Kosmetik Bodong (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)
Mahasiswi di Tasikmalaya Jadi Tersangka Investasi Kosmetik Bodong (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)

MANGUNREJA, AYOTASIK.COM – Polres Tasikmalaya menetapkan YY (24), seorang mahasiswi warga Desa/Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya sebagai tersangka dalam kasus investasi ilegal alias bodong.  Pelaku YY (24), terancam disinyalir telah merugikan ratusan warga Tasikmalaya, melalui modus penipuan investasi usaha kosmetik fiktit.

Dalam menjalankan aksinya, YY mengajak korban untuk berinvestasi modal usaha kosmetik. Usaha tersebut dijalankan oleh para peminjam modal (borrower). Kemudian tersangka menjanjikan kepada para korban akan mendapatkan keuntungan 20-30 persen dari modal investasinya itu.

“Jadi modusnya menanam modal untuk bisnis kosmetik dengan keuntungan yang dijanjikan sebesar 20 persen. Namun dipinjam dan pakaikan kepada orang yang akan meminjam," kata Kapolres Tasikmalaya AKBP. Suhardi Heri Haryanto.

Baca Juga: Otak Pelaku Investasi Bodong Senilai Rp 2,3 Miliar Ditangkap Polres Tasik, Ini Modusnya

Dari hasil investasi ilegal ini, lanjut Suhardi, tersangka mendapatkan uang kurang lebih Rp 700 juta lebih. Sedangkan total peminjam fiktif itu mencapai Rp 350 juta. Korbannya pun datang dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswi dan masyarakat biasa.

“Korbanya campur, ada mahasiswa dan masyarakat biasa. Dari hasil yang kita lakukan pendalaman, korban sudah memberikan uang dengan jumlah yang bervariatif. Mulai dari angka 2 juta rupiah hingga 50 juta rupiah,” kata Suhardi.

Selain mengamankan seorang mahasiswi ini, polisi juga menyita barang bukti berupa satu bundel rekening koran. Kemudian, satu buah bukti transfer, 1 handphone, dan 3 buah sim card.

Baca Juga: Gempa Garut Dirasakan Di Tasikmalaya, Warga : Kaget

“Tersangka dijerat Pasal 378 KUHPidana dengan ancaman hukumannya paling lama 4 tahun penjara,” jelas Suhardi.

Halaman:

Editor: Irpan Wahab Muslim

Tags

Terkini

Harga Minyak dan Beras di Pasar Singaparna Naik

Senin, 30 Januari 2023 | 20:12 WIB

Bus Milik PO Budiman Terbakar, Ini Dugaan Penyebabnya

Sabtu, 28 Januari 2023 | 21:18 WIB
X