Polres Tasikmalaya Diganjar Penghargaan Dari LPAI, Ini Alasannya

- Selasa, 6 Desember 2022 | 17:43 WIB
Polres Tasikmalaya Digancar Penghargaan Dari LPAI (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)
Polres Tasikmalaya Digancar Penghargaan Dari LPAI (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)

MANGUNREJA, AYOTASIK.COM - Polres Tasikmalaya mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) atas kinerjanya yang dinilai berhasil melaksanakan penyelenggaraan kesejahteraan sosial bagi Anak. Salah satunya dalam memunculkan sosok anak berhadapan dengan hukum yang kemudian diangkat dalam sebuah film layar lebar “Arul Hadiah Terbaik”.

Polres Tasikmalaya juga dinilai mampu mengedepankan pelayanan yang humanis ketika melakukan penanganan kasus-kasus yang bersentuhan dengan anak. LPAI juga mengapresiasi Kabupaten Tasikmalaya yang telah mendirikan Lembaga Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial (LPKS) bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS), termasuk  bagi anak berhadapan dengan hukum.

Penyerahan penghargaan diberikan langsung oleh Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi atau yang akrab di sapa Kak Seto di Gedung Pertemuan Warga (GPW) Polres Tasikmalaya, Selasa 6 Desember 2022.

Baca Juga: Pelaku Pencurian Spesialis Bobol ATM di Tasikmalaya Ditangkap Usai Kelabui Ibu-ibu

"LPAI yang terbentuk dari tahun 1998 ini memberikan apresiasi terhadap apa yang sudah dilakukan oleh jajaran dari pemerintah Kabupaten Tasikmalaya termasuk juga Polres Tasikmalaya," jelas Kak Seto.

Dengan adanya LPKS, kata Kak Seto, telah memberi kesempatan kepada anak-anak untuk mendapatkan perlindungan lingkungan yang lebih kondusif. Sehingga mereka ada kesempatan untuk kembali menjadi anak-anak yang berpotensi positif bahkan mungkin menjadi calon-calon pemimpin bangsa di masa depan.

Kak Seto juga mengapresiasi film “Arul Hadiah Terbaik”  karena menunjukkan kepedulian Polri yang menjadi sahabat anak Indonesia. Dimana keberadaan Polri untuk anak-anak yang berkonflik dengan hukum walau bagaimana pun mereka tetap anak yang bisa dibina dan diselamatkan masa depannya. Bukan malah dijerumuskan pada pidana yang justu membuat anak makin stres, tetapi justru dibangkitkan semangatnya.

Baca Juga: Poster Dukungan ASN Nyalon Bupati Tasikmalaya 2024 Bertebaran

Sementara itu, Wakapolres Tasikmalaya Kompol Alan Haikel menjelaskan, kepolisian Resort Tasikmalaya sengaja membuat LPKS sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat. LPKS ini akan menampung anak-anak yang berhadapan dengan hukum. Dimana prosesnya mengedepankan tindakan humanis bukan penindakan hukum secara refresip untuk anak-anak. Ia pun menghaturkan terimakasih pada Kak Seto yang telah memberikan penghargaan bagi Polres Tasikmalaya.

Halaman:

Editor: Irpan Wahab Muslim

Tags

Terkini

Harga Minyak dan Beras di Pasar Singaparna Naik

Senin, 30 Januari 2023 | 20:12 WIB

Bus Milik PO Budiman Terbakar, Ini Dugaan Penyebabnya

Sabtu, 28 Januari 2023 | 21:18 WIB
X