200 Mahasiswa Kurang Mampu Berprestasi Dapat Beasiswa, Kadinsos : Besarannya 5 Juta

- Selasa, 6 Desember 2022 | 19:07 WIB
200 Mahasiswa Kurang Mampu Berprestasi Dapat Beasiswa, Kadinsos : Besarannya 5 Juta (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)
200 Mahasiswa Kurang Mampu Berprestasi Dapat Beasiswa, Kadinsos : Besarannya 5 Juta (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM – Dilatarbelakangi kondisi ditengah masyarakat dimana mereka yang kurang mampu terkendala biaya dalam menguliahkan anaknya, Pemkab Tasikmalaya melalui Dinas Sosial Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPKB PPPA), menggulirkan program beasiswa S1 bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berasal dari golongan ekonomi keluarga kurang mampu.

Beasiswa ini, bernama Bantuan Sosial Pendidikan Mahasiswa Tidak Mampu dan Berprestasi Tahap II ini, memberikan bantuan berupa pelunasan biaya studi selama menempuh pendidikan S1. Setiap tahun, satu mahasiswa penerima beasiswa mendapatkan bantuan sebesar Rp 5 juta. Jumlah itu diantaranya diperuntukan biaya kuliah Rp 2,5 juta dan sisanya bagi biaya kehidupan dirinya selama kuliah.

“Pada tahun 2022 kami mencoba untuk membantu dengan keterbatasan, sebanyak 200 orang mahasiswa. Siapa pun dibantu asal warga Kabupaten Tasikmalaya," kata Kepala Dinas Sosial PPKB PPPA Kabupaten Tasikmalaya, Dadan Wardana, Selasa 6 Desember 2022.

Baca Juga: Polres Tasikmalaya Diganjar Penghargaan Dari LPAI, Ini Alasannya

Adapun kriteria penerima beasiswa ini, diantranya kurang mampu secara ekonomi. Selain itu, juga ada syarat prestasi minimal besaran Indek Prestasi Sekolah 3 atau IPK kuliahnya 3 koma lebih. Melihat banyak yang mendaftar, maka pihak Dinas Sosial harus melakukan pemilahan lebih detail. Sebab ada IPK yang nyaris sama, akan tetapi dari kondisi kesejahteraan ekonomi keluarganya yang lebih rendah diutamakan dapat bantuan.

"Kami pun melibatkan pendamping sosial untuk melakukan assissmen ke lapangan dan verifikasi penerima bantuan beasiswa ini," ujar Dadan.

Dadan berharap, program ini bisa berlanjut ketahun berikutnya. Meski ditengah keterbatasaan anggaran, akan tetapi atas kebijakan Bupati Tasikmalaya maka pihaknya bisa mengalokasikan untuk bantuan beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu.

Editor: Irpan Wahab Muslim

Tags

Terkini

Harga Minyak dan Beras di Pasar Singaparna Naik

Senin, 30 Januari 2023 | 20:12 WIB

Bus Milik PO Budiman Terbakar, Ini Dugaan Penyebabnya

Sabtu, 28 Januari 2023 | 21:18 WIB
X