Penindakan Pelanggaran Sistem ETLE Mobile Disosialisasikan

- Kamis, 8 Desember 2022 | 17:18 WIB
Penindakan Pelanggaran Sistem ETLE Mobile Disosialisasikan (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)
Penindakan Pelanggaran Sistem ETLE Mobile Disosialisasikan (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM – Penindakan pelanggaran di jalan raya dengan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) mobile atau penindakan tilang berbasis elektronik saat ini sedang disosialisasikan kepada masyarakat.

Kasat Lantas Polres Tasikmakaya, AKP Yudi Sadikin mengatakan, untuk penerapan ETLE, anggota kepolisian Satuan Lalu Lintas (Satlantas) di lapangan menggunakan kemera handphone.

Petugas, akan memfoto pengguna kendaraan yang dinilai melanggara lalu lintas diantaranya tidak menggunakan helm, berboncengan lebih dari satu orang, menerobos lampu merah, tidak menggunakan sabuk pengaman, menggunakan handphone saat berkendara dan lainnya.

Baca Juga: 306 Lansia di Kabupaten Tasikmalaya Terima Bantuan Rehab Rumah

"Hasil foto akan dikirimkan ke back office yang ada di kantor Satlantas Polres Tasikmalaya, dan selanjutnya dikirimkan kembali ke Polda  dan selanjutnya  Dinas Pendapatan untuk ditindaklanjuti," kata Yudi Sadikin.

Meskipun saat ini masih dalam tahap sosialisasi, lanjut Yudi Sadikin, pihaknya mengimbau masyarakat Kabupaten Tasikmalaya untuk tetap mematuhi peraturan lalu lintas. Termasuk, bagi masyarkat yang memiliki kendaraan dan kepemilikannya sudah ditangan orang lain, harus segera dilakukan balik nama. Karena penindakan tilang ETLE ini bila kendaraan yang digunakan melanggar peraturan lalulintas akan disampaikan melalui surat ke alamat rumah pemilik lama kendaraan tersebut.

Baca Juga: Polres Tasikmalaya Cek Kesiapan Pengamanan Nataru

"Makanya bila kendaraan sudah beda kepemilikannya harus langsung memblokir atau balik nama bagi pemilik yang baru agar  STNK-nya disesuaikan dengan kepemilikan yang baru," kata Yudi Sadikin.

Editor: Irpan Wahab Muslim

Tags

Terkini

Harga Minyak dan Beras di Pasar Singaparna Naik

Senin, 30 Januari 2023 | 20:12 WIB

Bus Milik PO Budiman Terbakar, Ini Dugaan Penyebabnya

Sabtu, 28 Januari 2023 | 21:18 WIB
X