Wacana Jabatan Kades 9 Tahun, Ini Tanggapan Warga Kabupaten Tasikmalaya

- Rabu, 18 Januari 2023 | 15:16 WIB
Wacana Jabatan Kades 9 Tahun, Ini Tanggapan Warga Kabupaten Tasikmalaya (Indopolitika.com)
Wacana Jabatan Kades 9 Tahun, Ini Tanggapan Warga Kabupaten Tasikmalaya (Indopolitika.com)

 

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM - Keinginan sejumlah Kepala Desa terkait perpanjangan masa jabatan dari 6 tahun menjadi 9 tahun mendapatkan tanggapan dari berbagai lapisan warga Kabupaten Tasikmalaya.

Tanggapan pertama datang dari Kepala Desa Janggala Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya Asep Ahmad Kastoyo. Ia mengharapkan, para Kepala Desa khususnya di Kabupaten Tasikmalaya tidak fokus kepada rencana penambahan masa jabatan kepala desa menjadi 9 tahun.

Justru, Asep mengajak lebih fokus kepada kinerja dalam menjalankan pemerintahan desa melayani masyarakat jadi jangan terlalu menginginkan memimpin menjadi kepala desa selama mungkin.

"Saya secara pribadi sebenarnya tidak menuntut kok urusan masa jabatan atau lama nya menjabat. Karena pada intinya kepala desa itu jangan terfokus kepada masalah itu, tetapi kepada kinerja," ungkap Asep, kepada wartawan.

Pada intinya, kata Asep Ahmad, pemerintah pusat tentunya  memikirkan demi kemajuan desa. Dengan begitu, otomatis dengan sendirinya pemerintah juga akan menilai apakah dari penambahan masa jabatan layak atau tidak ada penambahan.

"Jadi jangan terlalu dipikirkan, pemerintah dan wakil di pusat juga bisa memikirkan apakah perlu dinaikkan untuk lamanya menjabat, atau periode nya harus ditambah," kata Asep Ahmad.

Tanggapan lainnya datang dari Amin Iskandar warga Desa Linggawangi Kecamatan Leuwisari. Ia berpendapat, perpanjangan masa jabatan Kepala Desa (Kades) menjadi 9 Tahun dikhawatirkan menghambat regenerasi kepemimpinan.

Amin menambahkan, penambahan masa jabatan Kades 9 tahun dianggap sebagai kemunduran dari semangat reformasi.

"Jadi kembali ke status quo. Semangat reformasinya menjadi hilang. Saya kira pemerintah harus benar benar mengkaji rencana tersebut," ucap Amin.

Halaman:

Editor: Irpan Wahab Muslim

Tags

Terkini

Harga Minyak dan Beras di Pasar Singaparna Naik

Senin, 30 Januari 2023 | 20:12 WIB

Bus Milik PO Budiman Terbakar, Ini Dugaan Penyebabnya

Sabtu, 28 Januari 2023 | 21:18 WIB
X