Ini Langkah Pemkab Tasikmalaya Cegah Stunting

- Selasa, 24 Januari 2023 | 19:57 WIB
Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)
Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM – Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya terus berupaya mencegah terus bertambahnya angka stunting. Salah satu upayanya yakni memberikan pemahaman kesehatan kepada calon pengantin (catin).

Persoalan stunting atau gangguan pertumbuhan dan perkembangan pada anak di Kabupaten Tasikmalaya masih menjadi persoalan serius yang mesti dihadapi. Hal itu dilihat dari survei status gizi balita indonesia tahun 2021, yakni 24,4 persen dari jumlah anak/bayi yang ditimbang mengalami stunting.

Kondisi itu pun diakui Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto. Ia menuturkan, pemerintah daerah terus berupaya mencari bagaimana cara mewujudkan agar tidak menambah atau menciptakan stunting-stunting baru. Salah satu diantaranya, kata Ade, bagaimana mempersiapkan para calon orang tua ini untuk sadar akan kesehatan.

"Maka kita akan melibatkan seluruh lapisan, termasuk calon pengantin (catin), akan diberikan pemahaman," kata Ade, Selasa 24 Januari 2024.

Pemerintah daerah, kata Ade, dalam hal pemahaman terhadap calon pengantin ini, bekerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag).  Para calon pengantin harus paham betul agar anak yang dilahirkan sehat.

"Para penyuluh agama harian dan juga pada Amil. Untuk mempersiapkan calon-calon pengantin kita . Dimulai dengan orang tua anak yang sehat dulu," pungkas Ade.

Editor: Irpan Wahab Muslim

Tags

Terkini

Harga Minyak dan Beras di Pasar Singaparna Naik

Senin, 30 Januari 2023 | 20:12 WIB

Bus Milik PO Budiman Terbakar, Ini Dugaan Penyebabnya

Sabtu, 28 Januari 2023 | 21:18 WIB
X