Yamaha

Pemkot Tasik Siapkan Langkah Entaskan Warga dari Kemiskinan

  Selasa, 21 Februari 2017   Andres Fatubun
Ilustrasi.

TASIK, AYOTASIK.COM -- Menjadi salah satu kota dengan angka kemiskinan yang tinggi, Dinas Koperasi UMKM Perindag Kota Tasikmalaya siapkan langkah tekan angka kemiskinan di Kota Tasik.

Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindag Kota Tasikmalaya Tantan Rustandi mengatakan tingkat kemiskinan di Kota Tasikmalaya mencapai angka 15%. Oleh sebab itu perlu ada langkah-langkah yang tepat untuk menyelamatkan warga dari kubangan kemiskinan.

"Saya siapkan 2 pendekatan. Pertama, mengangkat mereka yang sudah jatuh ke dalam kemiskinan. Kedua, menjaga yang belum jatuh miskin jangan sampai miskin,"katanya kepada AyoTasik, Selasa (21/2/2017).

Tantan menuturkan orang yang jatuh miskin ini biasanya mereka adalah pengangguran atau usaha mikro kecil-kecilan. Oleh sebab itu, mereka harus diangkat melalui pelatihan-pelatihan. Lalu diberi motivasi kemandirian.

"Bahkan bantuan peralatan pun sudah pernah dilakukan,"ucapnya.

Lanjut Tantan, mereka yang harus dijaga agar tidak jatuh miskin adalah para UKM yang rawan bangkrut. Sebab, mereka kalah bersaing dengan produk asing seperti dari Cina.

"Jika sudah bangkrut tentu akan menghasilkan banyak pengangguran. Jadi perlu keseimbangan antara mengangkat dan menjaga,"paparnya.

Sebagai implementasinya, Tantan menerangkan ada beberapa langkah untuk menjaga usaha kecil menengah ini agar tetap hidup. Yakni, menciptakan iklim investasi yang kondusif dan pelayanan perizinan lancar.

"Pembelian dan pembiayaannya lancar berikut pemasaran juga bagus. Itu kuncinya,"terangnya.

Tantan mengatakan pihaknya akan memberikan fasilitas sertifikat tanah bagi para UKM secara gratis. Tercatat, tahun lalu ada sekitar 400 sertifikat tanah UKM dibantu. Tahun ini rencananya akan menggratiskan kembali sertifikat tanah bagi UKM sebanyak 1.000 sertifikat.

"Sertifikat ini bagi para UKM sangat penting. Sebab, bisa menjadi anggunan pembiayaan dari bank," jelasnya.

Tambahnya, disamping itu juga pemkot tasik rutin menggelar berbagai event pameran produk industri kreatif dan pelatihan-pelatihan. (Fajar Sukma)

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar