Yamaha

Panas, Berbagai Protes Warnai Rekapitulasi Suara Pilkada Tasikmalaya

  Rabu, 22 Februari 2017   
Ilustrasi Pilkada (AyoBandung/Satrio Iman)

TASIK, AYOTASIK.COM -- Pembukaan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat KPU Kota Tasikmalaya diwarnai aksi protes massa beberapa saksi paslon.

Saksi dari paslon nomor urut 3 Deden – Asep,  Sigit Miftah, mengatakan adanya kejanggalan rekapitulasi di beberapa kecamatan. Pihaknya meminta, sebelum rekapitulasi dimulai, masalah ini harus diselesaikan terlebih dahulu.

"Masalah ini sudah terstruktur sistematis dan massif," tegasnya.

Hal senada pun diungkapkan oleh Habib, salah seorang saksi dari paslon nomor urut 1, Dicky-Denny. Ia menyebutkan banyaknya kejanggalan saat proses pemungutan suara berlangsung. Seperti surat keterangan yang tidak valid, penggunaan kartu keluarga sebagai pengganti Formulis C1 yang sebenarnya tidak diperbolehkan.

"Hasil rekapitulasi ini saya bisa terima, tapi KPU dan Panwaslu harus mengakui kalau dalam penyelenggaraan Pilkada ini ada cacat," tukasnya.

Menanggapi keberatan tersebut, Ketua KPU Kota Tasikmalaya, Cholis Muchlis meminta semua pihak menaati aturan perundang-undangan dan peraturan KPU yang berlaku.

"Semua temuan pasti akan kami catat dan ditindaklanjuti. Namun, semua ada tahapan dan mmekanismenya. Tapi, yang jelas saya janji semua akan diselesaikan sampai tuntas," terangnya.

(Fajar Sukma

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar