Yamaha

Cholis Muchlis : Rapat Pleno Rekapitulasi Berjalan Lancar

  Rabu, 22 Februari 2017   Andres Fatubun
Ilustrasi rekapitulasi.

TASIK, AYOTASIK.COM -- Ketua KPU Kota Tasikmalaya Cholis Muchlis menyatakan agenda rapat pleno rekapitulasi hari ini, Rabu (22/2/2017) berjalan sesuai agenda.

Menurutnya, insiden-insiden yang terjadi selama berjalannya acara tidak berpengaruh besar terhadap jalannya acara. Sehingga, acara bisa dilaksanakan hingga tuntas.

"Aksi walk out yang dilakukan para saksi nomor urut 1 dan 3 tidak mempengaruhi hasil rekapitulasi. Sebab, mereka sifatnya hanya peserta. Sedangkan anggota rapat pleno itu sendiri adalah anggota KPU,"katanya usai acara rekapitulasi, Rabu (22/2/2017).

Menanggapi aduan saksi dari paslo nomor urut 1 dan 3 yang tuntutannya hampir sama mengenai masalah di TPS, Cholis mengatakan jika terjadi kesalahan di TPS maka itu urusannya oleh KPPS, pengawas TPS dan saksi di TPS. Jika terjadi keberatan mengenai sah tidaknya suara di TPS maka harus dilakukan hitung ulang.

"Forum hitung ulang itu hanya berlaku di TPS dan PPK. Dengan batas waktu hari itu juga. Jadi berdasarkan aturan, rekapitulasi di KPU tidak ada hitung ulang,"tuturnya.

Menurutnya, KPU tingkat kota bisa menghitung ulang jika ada rekomendasi dari Mahkamah Konstitusi. Jadi, dengan tidak ditanda tangani hasil rekapitulasi ini dan walk out nya mereka tidak menggangu keabsahan.

"Jadi secara umum proses rekapitulasi berjalan lancar dan sesuai ketentuan. Kalaupun ada keberatan yang belum terselesaikan akan dibawa ke MK. Itupun jika mereka membawa tuntutannya ke MK,"ujarnya.

Terakhir, hasil rekapitulasi ini tidak beda jauh dengan hasil hitung cepat beberapa waktu lalu. Yakni, posisi teratas diduduki paslon nomor urut 2 Budi-Yusuf dengan perolehan suara 40,06% atau 151.191 suara. Disusul paslon nomor urut 3 Dede-Asep dengan suara sebanyak 37,40% atau 141.854 suara dan terakhir paslon nomor urut 1 Dicky-Denny dengan suara 22,54% atau 85.510 suara. (Fajar Sukma)

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar