Yamaha

Jika Tidak Ada Gugatan, KPU Tasik Segera Tetapkan Budi-Yusuf sebagai Pemenang Pilkada

  Rabu, 22 Februari 2017   Andres Fatubun
Calon Wali kota Tasik, Budi Budiman. Danny/AyoBandung.

TASIK, AYOTASIK -- Meski telah unggul, paslon nomor urut 2 Budi-Yusuf belum ditetapkan sebagai pemenang oleh KPU Kota Tasikmalaya. Sebab, tahapannya baru sampai pada hitung suara.

Ketua KPU Kota Tasikmalaya Cholis Muchlis mengatakan ada waktu tiga hari bagi para peserta untuk melakukan gugatan melalui MK. Jika tidak ada gugatan dalam waktu tersebut maka KPU akan menetapkan pemenangnya.

"Normalnya tiga hari jika tidak ada keberatan,"katanya kepada AyoTasik, Rabu (22/2/2017).

Cholis menuturkan sebenarnya ada jadwal untuk penetapan pemenang yakni pada tanggal 8 sampai 10 Maret 2017 mendatang. Itupun jika tidak ada gugatan.

"Jika ada gugatan, maka penetapan akan dilakukan tiga hari setelah ada keputusan dari MK,"tuturnya.

Cholis menyebutkan penghitungan suara ulang hanya bisa terjadi dalam lima alasan. Yakni, jika ada surat suara tidak sah lebih dari satu, pemilih tidak sah lebih dari satu, surat suara disobek KPPS, dihitung di tempat lain yang mencurigakan dan KPPS memberi tanda.

"Berdasarkan peninjauan KPU, sampai sejauh ini tidak ada kejanggalan di TPS. Semua berjalan lancar dan sesuai ketentuan. Namun, jika ada sengketa maka hitung ulang hanya berlaku di TPS yang bermasalah saja. Tidak secara keseluruhan se-kota,"pungkasnya. (Fajar Sukma)

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar