Yamaha

BBPOM Bandung Wacanakan Buka Kantor Cabang di Tasikmalaya

  Jumat, 24 Februari 2017   Adi Ginanjar

TASIK, AYOTASIK.COM--Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan berencana membuka kantor cabang di Kota Tasikmalaya tahun ini.

Hal tersebut merupakan bagian dari empat wacana kerja sama antara BPPOM Bandung dengan Pemkot Tasik.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tasikmalaya Rahmat Mahmuda mengatakan kantor cabang BBPOM nantinya akan mengakomodir wilayah Priangan Timur seperti Kota Tasikmalaya, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Banjar, dan Pangandaran.

"Kami sangat menyambut baik wacana tersebut. Bahkan Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman sangat antusias," katanya kepada AyoTasik, Jumat (24/2/2017).

Rahmat menuturkan dari empat wacana yang akan dikerjasamakan antara lain gerakan keamanan pangan desa, keamanan pasar, pengawasan obat dan kosmetik, serta rencana pembukaan kantor cabang BBPOM Tasikmalaya.

"Wacana kerja sama ini meliputi tiga dinas yaitu Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Kesehatan, dan PD Pasar," tuturnya.

Menurutnya, khusus untuk Dinas Ketahanan Pangan, nantinya akan dibentuk lima kader tiap kelurahan oleh BBPOM. Mereka akan dilatih, dibina, hingga mampu melakukan tes pangan sendiri di wilayah masing-masing.

"Untuk sementara mungkin BBPOM akan sewa gedung dulu. Namun, Insya Allah tahun depan disiapkan anggaran untuk lahannya untuk gedungnya," ujarnya.

Rahmat menyatakan sangat terbantu dengan adanya rencana tersebut. Sebab, Pemkot Tasik sendiri masih minim SDM dan peralatan untuk uji makanan. Bahkan, kabarnya SDM di Dinas Ketahanan Pangan sendiri akan dilatih oleh BBPOM. Tentu ini hal yang sangat positif.

"Kalau BPOM kan alat-alatnya sudah standar internasional. Meskipun begitu, kami juga akan menyiapkan lab keliling untuk uji makanan," ujarnya. (Fajar Sukma)

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar