Yamaha

Pelaku Industri Kreatif Tasik Harus Manfaatkan Teknologi

  Selasa, 18 April 2017   
Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman.

TASIK, AYOTASIK.COM -- Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman berharap para pelaku industri kreatif di Kota Tasik mulai menggunakan teknologi. Sebab, persaingan global saat ini semakin terasa berat.

Budi mengatakan, saat ini, melalui Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan, pihaknya terus mendorong para pengusaha industri kreatif untuk memanfaatkan teknologi dengan pelatihan-pelatihan. Sebab, masih banyak pengusaha yang menggunakan cara tradisional. Padahal, dengan teknologi semuanya bisa jadi lebih mudah.

"Selain Imtek (ilmu teknologi), imtak (iman dan takwa) juga penting untuk dibangun. Apalagi, Tasik terkenal dengan julukan Kota Santri," kata Budi, Selasa (18/4/2017).

Budi menuturkan selain teknologi, infrastruktur juga menjadi faktor penting berkembangnya industri kreatif di Kota Tasik. Misalnya, pembangunan jalan tol.

"Mereka punya potensi. Bisa produksi tapi enggak bisa jual. Sebab, biaya produksinya mahal, biaya transportasinya mahal, jalan hancur. Tapi, alhamdulillah pelan-pelan diperbaiki," ucap Budi.

Menurut Budi, setiap tahunnya, sekitar 400 meter jalan sudah diaspal. Selain teknologi dan infrastruktur, hal penting lainnya adalah jaringan. Oleh sebab itu, Kamar Dagang dan Industri (Kadin), menurutnya juga berperan untuk membuka itu.

"Industri bordir kita sudah go international. Masuk ke Malaysia, Singapura, Saudi Arabia, Itali dan lainnya," terang Budi.

(Fajar Sukma)

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar