Yamaha

800 Kader Pemungut Pajak Ikut Pembinaan PBB

  Rabu, 26 April 2017   Adi Ginanjar
Sebanyak 800 kader pemungut pajak di lingkungan kelurahan dan rukun warga se-kota Tasikmalaya mengikuti pembinaan dan penyuluhan wajib pajak PBB/BPHTB di Gedung Serba Guna Balai Kota Tasikmalaya, Rabu (26/4/2017).(Fajar Sukma/AyoTasik)

TASIK, AYOTASIK.COM--Sebanyak 800 kader pemungut pajak di lingkungan kelurahan dan rukun warga se-kota Tasikmalaya mengikuti pembinaan dan penyuluhan wajib pajak PBB/BPHTB di Gedung Serba Guna Balai Kota Tasikmalaya, Rabu (26/4/2017).

Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Asep Goparullah mengatakan pada kesempatan ini pihaknya menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat kaitan dengan penerimaan PBB untuk tahun 2017. Sebab, berdasarkan evaluasi tahun 2016 PBB kita hanya mencapai 88,5%.

"Artinya, tidak mencapai target yang kita inginkan pada tahun 2016 sebesar Rp20 miliar," katanya, Rabu (26/4/2017).

Ia menuturkan dengan diundangnya 15 orang perwakilan dari setiap kecamatan, nantinya mereka bisa menyebarluaskan lagi ke masyarakat umum. Meskipun, diakui masih banyak kekurangan mengenai keefektifan cara ini.

"Tidak cuma kader, banyak juga masyarakat umum yang hadir. Jadi, diharapkan bisa menularkan hasil pelatihan ini," ucapnya.

Menurutnya, piutang Kota Tasik khusus untuk pajak bumi dan bangunan sudah mencapai sekitar Rp18 miliar. Oleh sebab itu, diharapkan dengan gencarnya sosialisasi ini masyarakat bisa taat pajak tepat waktu.

"Kami siapkan hadiah mobil, umrah, dan lainnya sebagai penghargaan bagi para pembayar pajak yang tepat waktu. Tentunya dengan cara diundi. Sedangkan yang telat kami denda 2% dari total pembayaran pajak," tuturnya.

Asep menyebutkan ada beberapa kecamatan yang tunggakannya cukup besar dibanding wilayah lain yakni Kecamatan Cibeureum, Mangkubumi, dan Kawalu. Rata-rata setiap tahun capaiannya hanya 60% sampai 70%.

"Harapannya target di tahun 2017 ini bisa tercapai. Caranya, masyarakat bisa sadar untuk tidak bayar pajak lebih dari bulan September," tutupnya. (Fajar Sukma)

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar