Yamaha

Mengenal Empat Wisata Alam Di Kota Tasikmalaya yang Luput dari Sorotan

  Kamis, 25 Mei 2017   
Gerbang masuk menuju makam Prabudilaya yang ada di sebuah Nusa tengah-tengah Situ Gede. (AyoTasik/Fajar Sukma)

TASIK, AYOTASIK.COM -- Potensi wisata alam di wilayah Kota Tasikmalaya mungkin tidak semahsyur dan sebanyak wilayah Kabupaten Tasikmalaya. Jumlahnya pun masih dalam hitungan jari. Namun, jika dikelola dengan baik, wisata-wisata alam ini sebenarnya punya daya tarik yang luar biasa.

Herannya lagi, beberapa wisata alam di Kota Tasikmalaya ini oleh sebagian masyarakat kota sendiri belum banyak diketahui. Berikut empat wisata alam yang ada di Kota Tasikmalaya.

Situ Gede

Adalah sebuah danau yang terletak di Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya. Situ Gede memiliki panorama alam yang indah dengan luas sekitar 47 hektar. Fungsi utamanya sebagai penampungan air.

Pengunjung yang datang bisa menikmati fasilitas rakit, perahu bermotor, gazebo dan jogging track. Selain itu, bisa juga melakukan aktivitas rarakitan, memancing dan makan bersama.

Di tengah danau, terdapat nusa dengan luas sekitar satu hektar dimana Prabudilaya dimakamkan. Di momen tertentu, biasanya akan ada gelaran adat yang dilakukan di sini.

Situ Cibeureum

Terletak di Kelurahan Tamanjaya, Kecamatan Tamansari, Tasikmalaya, Situ Cibeureum adalah hamparan air seluas 21 hektar. Pepohonan rindang yang mengelilingi di sampingnya menyejukkan setiap mata yang memandang.

Di sana pengunjung bisa melakukan berbagai macam aktivitas seperti mancing, foto atau berjalan-jalan mengelilingi situ. Tak jarang juga situ ini jadi tempat botram (makan bareng) yang mengasyikan.

Di luar perannya sebagai salah satu destinasi wisata, serupa dengan Situ Gede, Situ Cibeureum juga memiliki fungsi ekologi. Yakni, sebagai penjagaan ekosistem dan sumber irigasi warga sekitar.

Curug Tonjong

Terletak di Desa Cipeusing, Kecamatan Tamansari, Tasikmalaya, Curug Tonjong menjadi satu-satunya curug yang ada di Kota Tasikmalaya. Curug ini memiliki bentuk seperti undakan yang tersusun dari batuan dengan ketinggian mencapai sekitar dua hingga lima meter.

Di sana pengunjung bisa menemukan dua curug dengan jarak masing-masing curug sekitar 500 meter. Air Curug Tonjong berasal dari sungai Cibangbay.

Untuk menuju lokasi, pengujung akan melewati sebuah perkampungan yang unik dan tradisional dengan bangunan rumah panggung yang khas. Selain itu, di sepanjang jalan juga terhampar sawah ladang luas yang memanjakan mata.

Rest Area Urug

Bagi kamu yang mengalami kekelahan mengemudi atau sekadar ingin melepas lelas di daerah Tasikmalaya selatan, terdapat sebuah rest area yang nyaman untuk beristirahat. Dengan luas hutan sekitar 300 hektar, kawasan itu bernama Wana Wisata Rest Area Urug.

Di tempat tersebut kamu bisa menikmati pemandangan pohon-pohon besar yang masih rimbun dan sejuk sambil beristirahat di gazebo-gazebo yang tersedia. Dijamin rasa lelahmu pasti hilang. Rest area ini dikelola oleh Perhutani KPH Tasikmalaya.

Di rest area ini pengunjung bisa melakukan berbagai macam aktivitas seperti camping, outbound, flyng fox, adventure track dan saung penginapan. Selain itu, di rest area urug juga terdapat sebuah bale yang bisa dijadikan tempat pertemuan dengan suasana ketenangan khas hutan lindung. Ditambah sekitaran hutan ini terdapat gua Sarongge yang belum terlalu terkenal namanya.

(Fajar Sukma)

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar